Berita

TNI, Polri dan Pimpinan Forkopimda Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H

59
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M di Kota Jayapura yang dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura pada Rabu (3/4) oleh Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua kerjasama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Papua, Masjid Raya Baiturrahim Jayapura, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Papua dan Alisa Khadijah ICMI Papua diikuti cukup antusias oleh masyarakat.

Peringatan Isra Miraj di hadiri Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han). Dalam sambutannya Danlanud mengatakan bahwa Isra Miraj tidak hanya merupakan bagian transformasi spiritual tetapi juga transformasi sosial. Transformasi spiritual mengajarkan untuk senantiasa taat, tunduk dan patuh kepada apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Dan transformasi sosial, mengajak untuk senantiasa melakukan perubahan dari kesalahan menuju kesalehan, dari jalan gelap menuju terang dan dari keterbelakangan menuju kemajuan.

Apabila kita memberikan kontribusi memberikan contoh-contoh apa yang disampaikan Rasulullah, masyarakat Papua baik muslim maupun non-muslim agar menjadi damai dan sejahtera dan kami sangat menghimbau kepada seluruh hadirin untuk menyambut ke depan pada tanggal tanggal 17 pesta demokrasi marilah kita menjadi bagian yang menunjukkan dengan program pemerintah. Jadi kami sendiri di Jayapura ada program Safari subuh kami mengedepankan kepada program-program menjadi perpanjangan tangan Tuhan memberikan rahmat Lil alamin programnya sederhana menjaga kebersihan. Jangan mengaku beriman kalau masih buang sampah sembarangan. Banyak kita orang muslim masih membuat kerusakan yang mengakibatkan banjir yang baru saja kami alami jelas kalau kita lihat telah banyak kerusakan di muka bumi oleh tangan manusia. Marilah kita menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Turut hadir pada peringatan Isra Mi’raj, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M.  Staf ahli bidang SDM dan Kemanusiaan Ibu Ani Rumbiak, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han), Aster Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf M. H. Andi P, Kabid Humas Polda Papua Kombespol Ahmad Mustofa Kamal, Parohis Lantamal X Mayor Laut (KH) Andi Roni, S. Ag, Wakapolresta Jayapura Kompol Heru, Dosen IAIN Fatahul Muluk Jayapura Ustadz H. Baiturrahman, SH.I., MH.I, Kabid Binmas Islam Kemenag Provinsi Papua Bapak Ahmad Furu, Dewan Penasehat Masjid Raya H. Idris, Ketua Pengurus Masjid Raya Baiturrahim Jayapura/Ketua, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Papua Bapak Kahar Yelipele, Ketua MUI Kota Jayapura KH. Zulham Makmun, Ketua PHBI Provinsi Papua Drs. H. Alwi Tianlean, MM.

Selanjutnya menurut Kabid Binmas Islam Kementerian Agama Provinsi Papua bapak Ahmad Furu mengatakan bahwa moment peringatan hari-hari besar Islam termasuk Isra Miraj jangan dijadikan sebuah rutinitas setiap peringatan hari besar Islam saja, tetapi seharusnya kegiatan perayaan hari-hari besar Islam menjadi wahana dan sarana bagi umat Islam untuk memperkuat tali silaturahmi dan saling ingat memperingati dalam kebaikan dan kesabaran.

Sedangkan menurut Ustadz H. Baiturrahman, S.Hi., M.Hi dalam ceramahnya mengungkapkan tentang kisah perjalanan Isra dan Mi’raj yang dialami Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram Mekkah ke Masjidil Aqsa dengan melalui beberapa persinggahan-persinggahan dan diakhiri sampai di Sidaratul Muntaha, yang akhirnya nabi mendapat perintah sholat dari Allah SWT.