Berita

TRADISI KENAIKAN PANGKAT ANGGOTA DAN PERWIRA DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 8 Oleh 01 Okt 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU (Lanud) Suryadarma, Subang menyelenggarakan upacara kenaikan pangkat bagi 40 Prajurit dan 2 PNS TNI AU di Lapangan Sepak Bola Lanud Suryadarma, Jumat (1/10). Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S. Sos., yang dihadiri para pejabat Lanud Suryadarma.  Upacara ditandai pemasangan tanda pangkat baru kepada dua orang pwewakilan yaitu Sersan Satu (Sertu) Purwanto dan Prajurit Kepala (Praka) Putra Surya Herlambang.

Dalam amanatnya, Danlanud Suryadarma menyampaikan ucapan selamat kepada anggota yang pangkatnya naik satu tingkat. Hal ini berarti pengabdian, loyalitas, dedikasi, kedisiplinan serta profesionalisme sebagai prajurit dapat diandalkan, sehingga pimpinan TNI AU menilainya layak mendapat penghargaan berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Ditekankan Danlanud Suryadarma dengan pangkat baru hendaknya semakin memacu prestasi para Bintara, Tamtama dan PNS semuanya untuk meningkatkan semangat dan kerja kerasnya demi keberhasilan pelaksanaan tugas di stafnya dan di Lanud Suryadarma.

Selanjutnya anggota yang naik pangkat mendapat ucapan selamat dari para pejabat dengan bersalaman, diikuti seluruh peserta upacara. Kemudian tradisi penyiraman air dari mobil Pemadam Kebakaran kepada seluruh anggota diikuti para perwira yang naik pangkat sebagai tanda telah resmi dan sahnya mereka menyandang pangkat baru.  Sebagai penutup diadakan acara syukuran dengan makan pagi bersama bagi anggota Lanud Suryadarma.  

Baca juga:  Revitalisasi Sarana Prasarana Sekolah Angkasa Memacu Generasi Yang Berkualitas.

Beberapa saat sebelumnya bertempat di ruang rapat, Danlaud Suryadarma memimpin acara Laporan Korps Kenaikan pangkat 10 perwira staf Lanud Suryadarma, 5 orang kapten menjadi mayor, lainnya 5 orang Perwira Pertama naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Satu diantara perwira tersebut adalah Wanita Angkatan Udara (wara) yaitu Letnan Dua Penerbang Fariana Dewi Jakaria Putri menjadi Letnan Satu yang merupakan satu-satunya penerbang wanita helikopter di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma yang kini sedang dinas luar di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta yang sebelumnya telah menyandang pula sebagai kapten pilot pesawat helikopter. 

Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma berharap kenaikan pangkat bagi perwira dapat menjadi nilai tambah bagi satuan, keluarga dan TNI AU. Disampaikan juga agar para perwira meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta dinamika yang terjadi di satuan, TNI dan Bangsa Indonesia.  Namun ditekankan agar para perwira tetap memegang teguh jati diri sebagai prajurit TNI yang saptamargais dengan tidak hanyut dalam iklim demokrasi yang bebas berupa penyampaian pendapat  atau opini secara terbuka di masyarakat atau media massa.   

Baca juga:  Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.III Lanud El Tari Canangkan Jumat Berkah

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel