Berita

Tradisi Pengukuhan Copil Pnb Skd 4 Lanud Abdul Rachman Saleh

Dibaca: 19 Oleh 26 Nov 2014Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Satu lagi penerbang muda Lanud Abd dinyatakan lulus terbang dengan pesawat C-212 Casa ditandai dengan upacara tradisi penyiraman air bunga dan pemecahan telor di atas kepala Letda Pnb Chandra Ary ST., S.Han. Acara tradisi pengukuhan yang berjalan penuh khitmad tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Abd Marsekal Pertama TNI Sungkono, S.E., M.Si. bertempat di Shelter Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abd Saleh. Rabu, (26/11).

Letda Pnb Chandra Ary yang merupakan putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Bapak Sunaryoko dan Ibu Bakti Irianti ini merupakan Alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) 2012 dan Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan 85. Saat ini jumlah jam terbang yang telah dikantonginya adalah 2.145 jam terbang. Dengan telah berhasilnya Letda Pnb Chandra Ary ini, kekuatan pilot Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh kini bertambah, sekaligus sebagai bukti bahwa proses regenerasi terus berlangsung di tengah kondisi jumlah kesiapan maupun jam terbang sangat terbatas.

Menurut Komandan Lanud Abd, hal ini merupakan prestasi membanggakan bagi Skadron Udara 4, karena telah dapat meluluskan satu penerbang lagi. Disamping itu, Komandan Lanud Abd juga menyampaikan apresiasi kepada Komandan Skadron Udara 4, instruktur beserta staf yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung atas tercapainya prestasi tersebut.

Baca juga:  Lanud Iskandar Adakan Lomba Panahan dan Menyumpit Dalam Rangka Bulan Dirgantara

Diharapkan Penerbang Muda yang baru saja dikukuhkan tersebut tidak lekas merasa puas atas prestasi yang diraihnya, karena hal tersebut baru merupakan langkah awal untuk meniti karier sebagai seorang penerbang di Skadron Udara 4 khususnya dan TNI AU pada umumnya. Oleh karenanya Letda Chandra harus terus belajar dan berlatih, agar kemampuan terbang yang dimilikinya terus meningkat hingga puncak kariernya sebagai Airman pengawal dirgantara nasional.

Setelah berlangsung selama 4 bulan sekolah transisi pesawat C-212 Casa di Skadron Udara 4 di harapkan dengan statusnya sebagai Co-Pilot baru, ke depan Letda Chandra dapat terus memelihara kemampuan terbangnya dengan mengedepankan profesionalisme, memperhatikan keselamatan terbang dan kerja, serta mengutamakan koordinasi dan komunikasi dengan baik setiap saat mengudara dengan pesawat kebanggaannya.

Secara khusus, Komandan Skadron Udara 4, Letkol Pnb Yose Ridha, ST. memberikan penekanan kepada Co-Pilot muda tersebut, bahwa tugas-tugas co-pilot adalah menemani captain dalam bertugas. Di saat captain sedang menerbangkan pesawat, co-pilot bertugas memantau jalannya mesin dan ikut membantu captain (pilot) dalam hal navigasi. Pada saat menjalankan pesawat tentu saja seorang captain membutuhkan bantuan untuk menerbangkan pesawat, dan orang yang membantunya haruslah ahli dalam menjalankan suatu pesawat. Kerja sama diantara pilot dan co-pilot sangatlah penting, apabila pilot dan co-pilot tidak kompak, maka dapat membahayakan keselamatan penumpang dan mereka sendiri. Dalam menjalankan pesawat ternyata bukan seorang pilot saja yang berperan penting, tetapi seorang co-pilot juga sangat berperan dalam membantu seorang captain (pilot) dalam hal navigasi ataupun hal lainnya yang berhubungan dalam menjalankan pesawat. Oleh karena itu, laksanakan tugas sebagai co-pilot dengan baik, bangun kekompakan dengan capten dan seluruh crew agar tugas-tugas penerbangan dapat berjalan lancar, aman, dan selamat.

Baca juga:  Bakorda AU Bandung Anjangsana Ke Panti Asuhan “Bhakti Luhur Alma”

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel