Berita

TRADISI TERBANG SOLO CALON PILOT HELIKOPTER TNI AU DI SKADRON UDARA 7

Dibaca: 28 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
TRADISI TERBANG SOLO CALON PILOT HELIKOPTER TNI AU DI SKADRON UDARA 7
#TNIAU 

Menandai proses pendidikan calon pilot helikopter TNI AU yang memasuki tahap terbang solo, diadakanlah upacara tradisi bagi tujuh perwira siswa Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Helikopter (KPTPH) angkatan 12 di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Subang, Jumat siang (6/11). Tradisi tersebut sebagai tanda telah mampunya mereka mengawaki pesawat helikopter tanpa dominasi instruktur saat terbang di udara.

 

Upacara diikuti oleh pasukan dari Skadron Udara 7 dihadiri para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal. Dalam amanatnya Danlanud Suryadarma Kol Pnb Widiantoro, MBA menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan siswa memasuki tahapan terbang solo dengan Pesawat Helikopter Bell 47 G Soloy. Namun demikian Danlanud Suryadarma berharap agar siswa tidak takabur dengan kemampuannya karena jalan untuk menjadi penerbang helikopter masih panjang seperti harus memproduksi jam terbang sesuai jumlah yang ditentukan dan melaksanakan berbagai jenis latihan di medan latihan yang berbeda.

 

Tradisi terbang solo perwira siswa KPTPH angkatan ke-12 ditandai dengan pemotongan rambut perwira siswa secara simbolis oleh Danlanud Suryadarma kemudian pemecahan telur ayam di kepala siswa, penyiraman air bunga di kepala dan badan serta terakhir penempelan kapas di kepala dan badan. Selanjutnya para tamu undangan melanjutkan hal serupa. Hal ini menandai perwira siswa sudah mampu terbang dengan pesawat helikopter seperti telur ayam yang sudah menetas kemudian mampu terbang bagaikan kapas yang melayang-layang di udara.

Baca juga:  TNI AU Surabaya Laksanakan Ziarah Di Tmp 10 November Surabaya

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel