Berita

Tradisi Wisuda Purnabakti bagi Pensiunan TNI AU di Lanud Abdulrachman Saleh

Oleh 30 Jul 2019 Juli 31st, 2019 Tidak ada komentar
Tradisi Wisuda Purnabakti Bagi Pensiunan Tni Au Di Lanud Abdulrachman Saleh
#TNIAU 

TNI AU.  Usai upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 tanggal 29 Juli tahun 2019 ini, Lanud Abdulrachman Saleh menggelar acara tradisi jajar kehormatan untuk pelepasan purna tugas terhadap 64 pensiunan TNI AU (prajurit dan PNS TNI AU) dari Lanud Abdulrachman Saleh dan insub di hanggar Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Senin (29/7).

Rangkaian acara diawali dengan kesiapan pasukan jajar dan peserta purna tugas juga siap berbaris di tengah-tengahnya.. Acara dimulai dengan penggantian papan nama diri dari yang berlatar belakang hitam menjadi putih serta pengalungan bunga kepada perwakilan pensiunan atas nama Mayor (Purn) Agus Sudaryono, mantan Dantim Intel Lanud Abdulrachman Saleh oleh Danlanud Abdulrachman Saleh. Selanjutnya dengan diiringi pembacaan puisi “purna tugas”, peserta pelepasan purna tugas berbaris di dalam pasukan jajar untuk menuju hanggar Skadron Udara 32. Sebelum memasuki hangar, mereka mencium bendera PPAU (Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara) di depan pintu masuh hanggar dan mendapat ucapan selamat dari Danlanud Abdulrachman Saleh.

Baca juga:  Pengenalan Profesi Pemadam Kebakaran

Selanjutnya acara wisuda purnabakti dimulai diawali dengan sambutan Danlanud Abd Saleh. Dalam sambutannya disampaikan, Pada saat ini guna memberikan penghormatan kepada para purnawirawan dari Lanud Abdulrachman Saleh dan insub yang ada di Malang Raya yang memasuki pensiun dilaksanakan juga wisuda purnabakti. Hendaknya disadari acara ini merupakan suatu bentuk penghormatan sekaligus memberikan kesan terbaik kepada para purnawirawan, sebelum memasuki masa pensiun. Kami yang masih berdinas menyadari sepenuhnya bapak-bapak telah memberikan dedikasi, loyalitas dan pengabdian terbaik kepada TNI Angkatan Udara. Untuk itu, pada saat ini kami gelar prosesi wisuda purnabakti”, jelas Danlanud.

Kemudian Perwakilan Purnawirawan Mayor (Purn) Agus Sudaryono dalam sambutannya mengatakan ”Bagi kami yang hadir saat ini yang bisa mengikuti acara purnabakti, merupakan suatu kebahagiaan yang tiada terkira. Hal ini dikarenakan kami sebagai seorang prajurit dapat mengakhiri masa pengabdian dengan tuntas tanpa ada kendala yang berarti”. Untuk itu, walaupun kami telah berakhir masa dinas aktifnya hubungan dengan anggota yang masih aktif dengan para purnawirawan diharapkan akan tetap terjalin dengan baik melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang berhubungan dengan TNI Angkatan Udara,” pungkas Mayor Pur Agus Sudaryono.

Baca juga:  Batalyon Komando 462 Paskhas Pulanggeni Laksanakan Latihan Simulasi Sarpur

Selanjutnya para peserta wisuda purnawira layaknya wisuda kuliah, berturut-turut bersalaman dengan Komandan Lanud beserta istri untuk menerima piagam penghargaan purnawirawan, plakat dan cinderamata. Mereka juga berkesempatan diabadikan tiap orang saat menerima piagam penghargaan tersebut.

Salah satu peserta wisudawan Mayor Lek (Purn) Harun Adji, mantan perwira di staf Senkom Lanud Abdulrachman Saleh memberikan kesannya selama 38 tahun berdinas di TNI AU. Dikatakannya, “Bangga, dinas di TNI AU karena bisa melaksanakan tugas yang hampir tidak ada kendala hingga purna tugas dari tahun 1980 hingga 2018.  Sangat bersyukur menjadi prajurit TNI AU yang bisa melaksanakan bagian tugas dalam  pertahanan negara aspek udara,” tegasnya.

Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Toto Ginanto, S.IP., menyatakan tradisi wisuda purnabakti merupakan upaya Lanud Abdulrachman Saleh dan insub yang ada di Malang Raya untuk memberikan kesan yang baik kepada para purnawirawan karena telah berdinas di TNI AU dengan baik, tuntas dan tanpa kendala berarti.  Melalui tradisi wisuda purnabakti diharapkan para purnawirawan tetap dapat merasa dihargai walaupun telah pensiun serta optimis melalui masa pensiunnya.

Baca juga:  Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW di Batalyon Komando 465 Paskhas Brajamusti

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel