TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TT-0221 Kembali Perkuat Elang Khatulistiwa

By 06 Sep 2012Berita
Mustangsatriamandala

Pesawat Hawk MK-209 tail number TT-0221 merupakan salah satu pesawat yang memperkuat Skadron Udara 1 Lanud Supadio baru-baru ini telah melaksanakan pemeliharaan major servicing yang merupakan pemeliharaan tingkat berat pesawat buatan Brithis Aerospace ini.

Major servicing dilaksanakan di Satuan Pemeliharaan (Sathar) 32 Depo Pemeliharaan 30 ini dilaksanakan dalam kurang lebih beberapa bulan ini dapat dilaksanakan sesuai target yang ditentukan.

Sesuai dengan schedule pemeliharaan pesawat ini melaksanakan tahap-tahap pemeliharaan seperti Pre Dock, In Dock dan Post Dock sesuai dengan work sheet yang telah ditetapkan.

Tahap Pre Dock dilaksanakan untuk data awal pemeliharaan yang dijadikan sebagai salah satu dasar tahap selanjutnya. Setelah tahap Pre Dock selesai maka dilanjutkan dengan tahap In Dock dengan kegiatan antara lain disassembly semua komponen dan bagian-bagian pesawat untuk dilaksanakan cleaning, inspection, servicing, repairing, sebelum akhirnya dilaksanakan reassembly bagian dan komponen pesawat tersebut.

Tahap terakhir adalah Post Dock dengan kegiatan antara lain swing compass, weight and balance, repainting dan uji fungsi.

Setelah tahapan tersebut dilaksanakan maka sejak tanggal tanggal 26 Agustus 2012 dilaksanakan test flight. Setelah kurang lebih empat hari pelaksanaan test flight pesawat TT-0221 dinyatakan laik terbang dan melaksanakan ferry flight ke home base-nya untuk memperkuat Skadron Udara 1 sebagai salah satu kekuatan tempur dari Elang Khatulistiwa.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

TT-0221 Kembali Perkuat Elang Khatulistiwa