Berita

TUBEKTOMI MASSAL DI RUSPAU LANUD HALIM

Dibaca: 15 Oleh 12 Jul 2011Tidak ada komentar
TUBEKTOMI MASSAL DI RUSPAU LANUD HALIM
#TNIAU 

Tubektomi massal sejumlah 100 akseptor KB dilakukan oleh Tim KB MOW (Metode Operasi Wanita) RUSPAU Kol. Kes dr. Frits. M.R, SpOG bekerjasama dengan Kantor KB Kota Administrasi Jaktim, Selasa (12/07) di Pusat Pelayanan KB TNI AU “Antariksa Kencana” RUSPAU Lanud Halim Perdanakusuma, dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut HUT Wanita Angkatan Udara tahun 2011.

Disampaikan oleh Ibu Daryanti, SH, MSi; selaku Kasubbid Kesehatan Reproduksi Kantor KB Kota Adm Jaktim, pelaksanaan MOW hari ini sungguh luar-biasa dan membanggakan, hal ini dapat dilihat sampai dengan jam 10.00 pagi saja, sudah terdaftar 95 akseptor KB peserta tubektomi yang berasal dari 65 kelurahan dari 10 kecamatan se-Jakarta Timur.”Kerjasama ini merupakan indikator yang baik dan bermanfaat bagi wilayah Jakarta Timur sebab, setiap tahunnya ada target jumlah akseptor KB yang ingin dicapai yakni sejumlah 90.252 akseptor KB dalam seluruh jenis kontrasepsi seperti IUD, Implant, MOP, MOW, Suntik, Pil dan Kondom” himbaunya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara BPMPKB (Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana) Propinsi DKI Jakarta dengan RUSPAU. Pelaksanaan kegiatan ini, merupakan inplementasi nyata Peraturan Gubernur No. 162 tahun 2010 tentang pelayanan KB Gratis bagi seluruh warga DKI Jakarta dan hanya diperuntukan bagi warga DKI Jakarta yang memiliki KTP DKI Jakarta. Untuk pelaksaannya RUSPAU Halim Perdanakusuma ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan dengan ketuanya Kol. Kes dr. Frits. M.R, SpOG

Baca juga:  Ziarah di TMP Bukit Barisan Medan Dalam Rangka Peringatan HUT ke-72 TNI AU

Menurut Kolonel Kes dr. Frits, M.R, SpOG kerjasama yang selama ini sudah terjalin, sangat mendukung program pemerintah DKI Jakarta, sebab sampai dengan bulan Juni 2011 ini sudah melampaui target Metode Operasi Wanita atau (Tubektomi untuk istilah kesehatan). Bahkan wilayah lain di Jakarta tertarik dengan program MOW di RUSPAU. Seperti dari Jakarta Pusat misalnya, mau turut ikut serta pada kegiatan KB yang diadakan di Rumah Sakit TNI AU ini. “Sebab masa pemulihannya hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih dua jam. Jadi di RUSPAU ada istilah “one day-one solution” tidak perlu lagi para akseptor bolak-balik untuk mendapatkan tindakan operasi, tapi hanya dalam waktu satu hari pemulihan saja!”, ungkapnya disela-sela operasi yang sedang berlangsung oleh Tim Dokter RUSPAU di ruang operasi Pusat Pelayanan KB TNI AU. Seluruh biaya ditanggung oleh Pemerintah DKI secara gratis, dapat diklaim ke BPMPKB.

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel