TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

“Tucano Number” Kehormatan Untuk Kadisops Abd

By 15 Apr 2015 12:42Berita
BAE-IAF_0214

Abd. Rabu, (15/4). Memberikan penghormatan secara tulus adalah sikap mulia yang selalu ditunjukkan oleh insan-insan dirgantara yang bertugas di Lanud Abd Saleh. Demikian pula halnya Komandan Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh, Letkol Pnb Toto Ginanto, ST., belum lama ini memberikan penghargaan kepada Mantan Komandan Skadron Udara 21 periode 2009 s/d 2011 yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Abd Saleh, Kolonel Pnb Fairlyanto, ST.

Penghargaan berupa Tucano Number Kehormatan tersebut diberikan atas jasa-jasa Kolonel Pnb F Fairlyanto, ST. selama menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 21 periode 2009 s/d 2011 telah memberikan sumbangsih yang sangat besar, sehingga para prajurit yang bertugas di kesatuan yang saat ini mengoperasikan pesawat supertucano, memiliki semangat dan jiwa juang yang sangat tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas, baik dalam pelaksanaan tugas operasi maupun latihan.

Disamping itu, selama melaksanakan tugas sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Abd Saleh, Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. selalu memberikan perhatian terhadap kesuksesan pelaksanaan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Skadron Udara 21. Oleh karenanya, Komandan Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh, Letkol Pnb Toto Ginanto, ST., menilai bahwa sumbangsih Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. tersebut sangat pantas diberikan tanda kehormatan berupa Tucano Number 18. Tanda kehormatan yang sama pernah pula diberikan kepada Mantan Komandan Skadron Udara 21 periode 2006 s/d 2007, Kolonel Pnb Andi Wijaya, yang saat ini tengah menjabat sebagai Komandan Lanud El Tari, Kupang dengan Tucano Number 9.

Pemberian Tucano Number kepada Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. kali ini diawali dengan terbang bersama Komandan Skadron Udara 21, Letkol Pnb Toto Ginanto, ST. dengan menggunakan pesawat Supertucano yang menjadi kebanggaan TNI AU saat ini, karena keberhasilan para Fighter-nya menghancurkan target-target sasaran tembak udara darat secara tepat dalam pelaksanaan Operasi Udara Latihan tingkat Koopsau, Angkasa Yudha, dan Operasi Latihan Gabungan TNI Tahun 2014 yang lalu.

Setelah satu jam mengudara di area training Supertucano (di atas Kota Malang Raya), pesawat pun landing dengan smooth dan sambutan gembira para ground crews 21 membahana se-antero Skadron Udara 21. Jabat tangan para Junior Tucano Fighters dan para ground crews pun tidak terelakkan dari tangan Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. Tak lama kemudian tradisi penyematan Tucano Number Kehormatan pun dimulai yang ditandai dengan Salam Komando antara Letkol Pnb Toto Ginanto dengan Kolonel Pnb Fairlyanto, ST. Menandai berakhirnya acara tradisi kehormatan tersebut, sebagai insan dirgantara hamba Tuhan Yang Maha Esa, Kolonel Pnb Fairlyanto memimpin doa agar Skadron Udara 21 maupun Lanud Abd Saleh khususnya serta TNI AU pada umumnya, selalu jaya di udara dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang sudah menjadi harga mati.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

“Tucano Number” Kehormatan Untuk Kadisops Abd