Berita

TUGU KHATULISTIWA IKON WISATA KALBAR

Dibaca: 56 Oleh 09 Des 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

TUGU KHATULISTIWA IKON WISATA KALBAR

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio Ny. Kustono beserta rombongan berfoto bersama dengan latar belakang tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu ikon wisata kota Pontianak sehingga menjadi tempat kunjungan bagi para wisatawan domestik maupun mancananegara. Tidak sah rasanya apabila seseorang berkunjung ke Kalimantan Barat tidak singgah ke tugu khatulistiwa. Lokasi tugu ini terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, kalau dari Lanud Supadio lebih kurang 40 km.

Untuk mengetahui sejarah berdirinya tugu khatulistiwa maka Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Kustono beserta para pengurus mengunjungi tugu kebanggaan warga Kalbar, Kamis (8/12). Rombongan yang berjumlah 22 orang ini berangkat ke tugu dengan menggunakan bis TNI AU.

Salah seorang petugas tugu menjelaskan peristiwa penting dan menakjubkan disekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika matahari tepat pada berada digaris khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Oleh sebab itu, lanjutnya, maka bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. “Peristiwa kulminasi matahari ini terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September,” jelas dia.

Baca juga:  Tim Wasrik Itjenau Kunjungi Lanud Iwj

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel