Berita

Tumbuhkan Cinta dan Bangga Rakyat Terhadap TNI

Dibaca: 122 Oleh 06 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

“TNI sebagai komponen pertahanan Negara diharapkan dapat memberikan gambaran utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI, sehingga mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat terhadap TNI”, kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin pada Upacara HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (5/10).

“Bersama Rakyat TNI Kuat”, lanjutnya, sebagai tema pokok kegiatan HUT Ke-72 TNI memiliki makna TNI tumbuh, berkembang serta berjuang bersama rakyat yang menjadi esensi kesejatian TNI dan tidak boleh pudar di tengah arus globalisasi yang bergerak dinamis. “Kesejatian tersebut harus diselaras-serasikan dengan pola pikir masyarakat untuk membangun kecintaan dan kebanggaan masyarakat kepada TNI sebagai modal pokok dalam menjaga keutuhan NKRI”, ujarnya.

Menurutnya kedekatan dan kebersamaan TNI Rakyat sebagai center of gravity dari sistem pertahanan semesta yang diaplikasikan melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khusus OMSP, merupakan refleksi kinerja optimal persembahan TNI kepada rakyat Indonesia seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam, keberhasilan pelaksanaan operasi tinombala, dimana TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa.

Baca juga:  280 Altlit Taekwondo Ikut Kejuaraan Taekwondo Dankorpaskhas Cup

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos., disela-sela upacara mengatakan momentum ini sebagai bagian refleksi dan intropeksi diri terhadap segala pelaksanaan tugas, dimana setiap prajurit dan ASN harus mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. “Ini sebagai bentuk jati diri prajurit yang merupakan tentara rakyat, tentara nasional, tentara pejuang dan tentara professional,” tegasnya sekaligus mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk selalu menjadi teladan dalam sikap, perkataan dan tingkah laku sesuai peraturan yang berlaku.

Rangkaian acara peringatan HUT Ke-72 TNI diawali dari penampilan grup marawis Kodam Iskandar Muda, pementasan sosiodrama tentang kepahlawanan Cut Mutia, acara pokok pelaksanaan upacara HUT Ke-72 TNI, demonstrasi ketangkasan prajurit, marching band dari SMA Negeri 1 Banda Aceh, defile pasukan dan alutsista serta ditutup dengan acara syukuran. Turut hadir dalam upacara ini Kabinda Aceh Brigjen TNI Ruruh Setya Wibawa, Kakanhan Provinsi Aceh Marsma TNI Eris Widodo, Wali Nanggroes Tgk. Malik Mahmud Al-Haytar, Sekda Aceh Drs. Dermawan, Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, Kabasarnas Provinsi Aceh Hari Budi Purnomo, Rektor Unsyiah Prof. Ir. Dr. Syamsul Rizal, M.Eng.

Baca juga:  TIM ITJENAU WASRIK KE LANUD SURABAYA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel