Berita

Tumbuhkan Semangat Dalam Peringatan Wafatnya Pangeran Antasari ke-158 Tahun

Dibaca: 11 Oleh 12 Okt 2020Tidak ada komentar
Tumbuhkan Semangat Dalam Peringatan Wafatnya Pangeran Antasari ke-158 Tahun
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., menghadiri peringatan wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari Ke-158, Tahun 2020. Bertempat di Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jl. Malkon Temon Banjarmasin, pada Minggu, (11/10/2020).

Pangeran Antasari merupakan Sultan Banjar, dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar (Sultan Banjar) dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin pada 14 Maret 1862. Peringatan wafatnya Pangeran Antasari dilaksanakan setiap tahunnya dengan kegiatan berupa upacara ziarah dan tabur bunga di makam Pangeran Antasari.

Plt. Gubernur Kalsel saat membacakan sambutan terkait peringatan tersebut mengungkapkan bahwa peringatan wafatnya Pangeran Antasari, mengingatkan kita kepada para perjuangan pendahulu kita di Kalimantan Selatan, yang gagah berani, yang haram manyerah kepada penjajah. Pangeran Antasari salah seorang pejuang dan Pahlawan Nasional yang berasal dari daerah Kalsel, dan wafat pada 11 Oktober 1862. Berdasarkan jasa dan perjuangannya, Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 06/TK/1886, menetapkan beliau sebagai Pahlawan Nasional.

Sementara itu dalam perjalanan hidupnya beliau selalu berjuang mengusir penjajah, menegakkan kedaulatan Bangsa dan Negara. Beliau punya semboyan, “Haram Manyarah, Waja Sampai Saputing”. Beliau tak pernah mau menyerah kepada musuh, tak tergoyahkan, dan ulet sampai akhir. Tidak ada kata kompromi dan menyerah kepada penjajah yang menginjak-injak kedaulatan bangsa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, dibawah pimpinan Plt. Gubernur Kalsel, Komandan Lanud Sjamsudin Noor pun turut berkesempatan untuk  melakukan tabur bunga dan juga memberikan tali asih kepada keluarga dan ahli waris Pangeran Antasari, bersama dengan para unsur pejabat Kalsel yaitu Ketua DPRD Prov. Kalsel DR. (HC) H. Supian HK, SH, MH., Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, S.Ik., S.H., M.H., Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Kajati Prov Kalsel Arie Arifin, S.H., M.H., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Plh. Sekda Prov Kalsel Ir. Roy Razali, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Kadinsos Prov Kalsel dan kota Banjarmasin, Ketua DHD 45 Prov Kalsel, Ketua LVRI Prov kalsel, Perwakilan Keluarga Pangeran Antasari, Camat Banjarmasin Utara, Lurah Surgi Mufti serta para unsur undagan terkait lainnya.

Semoga melalui peringatan ini kita semua dapat memaknai sebagai sumber inspirasi dalam membangun semangat juang dalam melanjutkan estapet pembangunan khususnya pembangunan di Bumi Bersujud, Bumi Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan.

Baca juga:  Lomba Bayi Sehat Dalam Rangka Hut Pia Ke-63 di Lanud Sultan Iskandar Muda

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel