Berita

Tumbuhkembangkan dan Tanam Rasa Cinta Tanah Air

Dibaca: 146 Oleh 20 Sep 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pelaksanaan pembinaan kesadaran bela negara bagi masyarakat di lingkungan pendidikan dan lingkungan kerja yang ada di Lanud Sulaiman bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan menanamkan rasa cinta tanah air dan perilaku yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara.

Demikian salah satu pernyataan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadisops I Wayan Mahendradata, S.T pada acara ceramah pembinaan kesadaran bela negara yang diselenggarakan di gedung balai prajurit Cendrawasih dan dihadiri 120 peserta yang terdiri dari PNS TNI AU dan para pelajar tingkat SLTA di bawah binaan Yasarini Lanud Sulaiman, (20/9).

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan ceramah PKBN ini diharapkan agar sikap dan perilaku kita sebagai warga negara diharapkan tetap memelihara rasa kebanggaan yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia dengan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar negara tahun 1945.

Sasaran dilaksanakannya PKBN adalah terwujudnya Warga Negara Indonesia yang mengerti, menghayati serta yakin untuk menunaikan hak dan kewajiban dalam upaya bela negara yang meliputi unsur cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, yakin akan Pancasila sebagai falsafah dan Ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Baca juga:  200 Atlit Menembak Mengikuti Kejuaraan Menembak Terbuka "Danseskoau Cup"

Empat hal yang diharapkan setelah dilaksanakannya PKBN ini adalah tercipta kondisi masyarakat yang dapat : pertama, bermasyarakat secara manusiawi, dengan ciri berpola pikir sehat dan rasional, menjunjung tinggi kesopanan, budaya santun, positif konstrutif serta tidak mengganggu orang lain . Disamping itu, berbagai proses interaksi dapat berlangsung secara sehat.

Kedua, bermasyarakat secara demokratis tanpa bersikap pilih kasih atau diskriminatif terhadap siapapun dan apapun alasannya serta tidak mengabaikan hak dan kewajiban setiap warga negara. Ketiga, bermasyarakat dalam kesatuan dan persatuan Indonesia untuk mendorong terjalinnya kebersamaan, kerukunan, dan persaudaraan. Keempat, terbangunnya rasa percaya diri sebagai anak bangsa dan sebagai negara yang berdaulat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel