Berita

Tuntutan Tugas Secara Profesional Bukan Pemanis Bibir

Dibaca: 2 Oleh 04 Jun 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Margahayu,Pentak Lanud Slm,Kamis (3/6) Tuntutan tugas secara profesional kedepan bagi PNS TNI AU tidak lagi hanya ucapan sebagai pemanis bibir saja,tetapi harus diwujudkan secara bertahap menjadi aparatur yang memahami,menguasai, dan melaksanakan fungsi serta tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi. Demikian penegasan yang disampaikan Kadisminpersau  Marsekal Pertama TNI Mawardi, S.E selaku inspektur upacara pada acara pembukaan pendidikan Latprajabnas CPNS TNI AU Golongan II di lapangan apel staf II, Lanud Sulaiman Bandung.

“Langkah-langkah menuju profesional tersebut telah dikongkritkan oleh pemerintah bahwa dalam pemenuhan sumber daya manusia PNS lebih terfokus pada kualitas yang berbasis kompetensi,” katanya lebih lanjut.

Dijelaskan pula bahwa pendidikan dan latihan (diklat) prajabatan dan diklatsarmil merupakan dua jenis pendidikan yang wajib dan mutlak harus diikuti setiap CPNS. Karenanya sejalan dengan kebijakan pemerintah maka TNI Angkatan Udara telah mencanangkan program untuk meningkatkan kualitas PNS TNI AU dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya mengikuti berbagai macam pendidikan dan pelatihan, baik yang diselenggarakan TNI AU maupun Mabes TNI dan DEpartemen/Kementrian Pertahanan.

Baca juga:  WARGA LANUD TARAKAN BERGOTONG ROYONG MEMBANGUN MASJID DENGAN SWADAYA

Selain itu disebutkan pula di dalam peraturan pemerintah nomor 101 tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan PNS pasal 7 bahwa “ Diklat prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,”.

“Dengan waktu diklat prajabatan yang relatif singkat dan pelajaran yang bersifat teori maka pengembangan dalam aplikasi di kesatuan nanti menjadi tanggung jawab para CPNS,”demikian kata Kadisminpersau. Diharapkan pula bahwa pegawai negeri sipil sebagai komplemen dari prajurit TNI AU merupakan kesatuan yang terpadu dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas pokok TNI. “Keterpaduan tersebut tentunya harus tercermin dalam semua tingkat organisasi dan keduanya wajib memahami peranan masing-masing,” katanya.

Diklat Prajabatan Golongan II CPNS TNI AU diikuti oleh 179 para mantan siswa Latsarmil. Mereka akan menerima materi pelajaran selama kurang lebih dua minggu di Skadik 203 Lanud Sulaiman sebagai lembaga penyelenggara pendidikan.

Baca juga:  Kasau Cek Kesiapan Operasional Lanud Iswahjudi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel