Berita

TURBIN GUIDE VANE HERCULES C-130 DI SKADRON UDARA 31 DIPERBAIKI

Dibaca: 18 Oleh 16 Mar 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Mesin pesawat Hercules C-13 kembali ditangani oleh teknisi handal dari Satuan Pemeliharaan 31 Depo Pemeliharaan 30 Malang, di hanggar Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (9/03).

Menurut Pelda Agung Purnomo selaku Inspektor Kelaikan dari Depohar 30, proses pemasangan combustion linner ini, diharuskan untuk melaksanakan proses torque pada pemasangan bolt. Artinya, setelah salah satu bolt dapat terpasang maka didiamkan terlebih dahulu selama lima belas menit sebelum dilanjutkan kembali dengan pemasangan bolt berikutnya.

“Hal seperti ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan kerapatan metal setiap o-ring-nya”, kata Pelda Agung Purnomo yang juga menjabat sebagai Inspektor Kelaikan. “Perbaikan ini dilakukan pada mesin khususnya pada turbin penggantian atau turbine guide vane”, jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, kegiatan pemeliharaan tingkat berat seperti ini memang adalah tugas pokok dari Depo Pemeliharaan. Dan sudah bukan merupakan suatu keanehan lagi jika mendapatkan perintah secara mendadak untuk melaksanakan kegiatan bantuan pemeliharaan. Walaupun dalam pelaksanaannya, harus dimulai sejak awal hari sebelumnya dan berakhir pada pagi hari berikutnya lagi.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Tim Pemutakhiran Data Itjenau di Lanud Adi Soemarmo

“Harapan pesawat terletak pada kita semua untuk terbang. Memang semua tenaga, pikiran dan tenaga tersita, namun saat melihat hasil kerja kami bisa sukses terbang kembali, ini sungguh membanggakan. Kepuasan hati seperti ini melebihi apapun”, ujar Letda Tek Dwi Prasetyo selaku pimpinan tim teknisi dari Sathar 31 Depohar 30 Malang ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel