BeritaBerita Kotama

Uji Kompetensi AMP Personil meteo Lanud Haluoleo

Dibaca: 125 Oleh 24 Mei 2018Tidak ada komentar
Uji Kompetensi AMP Personil meteo Lanud Haluoleo
#TNIAU 

IMG-20180524-WA0010TNI AU. Bertempat di kantor Meteo Pangkalan TNI AU Haluoleo Kendari, dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Aeronautical Meteorological Personnel (AMP) Personel Forecaster dan Observer Stasiun Meteorologi Pangkalan TNI AU Haluoleo Kendari, Rabu(23/5).

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana.,S.M yang didampingi oleh Kadisops Lanud Hlo Mayor Lek Syamsul Rijal, ST serta Kepala Stasiun Meteorologi Lanud Hlo Lettu Sus Kamaluddin Pane.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sub Bidang Manajemen Operasi Publik Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Bapak Zulkarnain, M.Si selaku Asesor. Direncanakan kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 23 sampai dengan 24 Mei 2018.

Pelakasanaan Uji Kompetensi AMP sendiri merupakan tuntutan dari WMO (World Meteorological Organization) dan ICAO (International Civil Aviation Organization).

Kegiatan ini dipandu oleh Asesor dan tim Uji Kompetensi AMP dari BMKG Pusat Bapak Zulkarnain, M.Si dan bapak Febri Surgiansyah,M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh 5 personil Stasiun Meteorologi Pangkalan TNI AU Haluoleo Kendari yaitu 3 orang Forecaster dan 2 orang Observer.

Baca juga:  Latihan Satuan Kipan C Yonko 466 Paskhas

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan acuan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh personil Forecaster dan Observer yang bertugas melayani informasi meteorologi penerbangan. Selain itu untuk menjamin mutu pelayanan informasi meteorologi penerbangan.

Disamping itu kegiatan ini juga untuk melindungi profesi Forecaster dan Observer meteorologi penerbangan dari praktek-praktek yang merusak citra profesi.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari tim Uji Kompetensi AMP. Uji kompetensi tertulis AMO (Aeronautical Meteorological Observer) dan AMF (Aeronautical Meteorological Forecaster) dilaksanakan pada hari Rabu (23 Mei 2018) dan dilanjutkan dengan Ujian Praktek dan Wawancara sampai dengan hari Kamis (24 Mei 2018).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel