Berita

Uji Perpanjangan Usia Cad/Pad Pespur TNI AU

Dibaca: 47 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Dalam rangka perpanjangan usia Cad/Pad yang ada di pesawat tempur TNI AU, Dislitbangau dan Depohar 10  Lanud Sulaiman bekerjasama dengan PT Pindad Turen, Malang melaksanakan uji laboratorium guna mengetahui kualitas isian Cap/Pad.

Sebelum pelaksanaan pengujian laboratorium terlebih dahulu dilakukan persiapan diantaranya  menyiapkan data dan mengumpulkan sample  Cad/Pad yang akan diuji  serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait.  Sedangkan kegiatan uji laboratorim itu sendiri meliputi pemeriksaan nilai kalori, pemeriksaan stabilitas dan NDI.

Hal tersebut disampaikan oleh Mayor Tek Chaeruman, S.T., yang sehari-harinya menjabat selaku Kasihar Sathar 64 Depohar 60 Lanud Iswahjudi, pada Briefing Pagi sebelum melaksanakan penerbangan yang dihadiri Komandan Wing 3, Kolonel Pnb Tatang Harlyansyah, S.E.,  para pejabat dan para penerbang di Ruang Rapat Teddy Kustari, Base Ops, Rabu (10/2).

Lebih lanjut  dikatakan Propellant (Low Explosive) kurang stabil bila dibandingkan dengan TNT (High Explosive).   Ketidakstabilan tersebut akibat pengaruh temperatur yang tinggi dan sering berubah, yang menyebabkan Nitro Cellulose dan Nitro Glycerine sebagai komponen utama propellant  terurai dan menghasilkan gas Nitrogen Monooksida ( NO).

Baca juga:  Peringatan Hari Bakti Ke-71 di Lanud Yohanis Kapiyau Timika

Terkait dengan hal tersebut, menurut Mayor Tek Chaeruman,S.T., kestabilan Propellant harus diperiksa secara periodik,  guna mengetahui kualitas propellant sehingga  kejadian yang tidak diinginkan (terjadi ledakan) yang disebabkan oleh perubahan dan penguraian kimia dapat dicegah.

Dari hasil pemeriksaan Laboratorium diketahui bahwa pada hari-11 nilai kalori Cad/Pad diatas 925 kal/gr serta uap coklat belum keluar, sehingga disimpulkan propellant dikategorikan kelas satu.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel