Berita

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Dibaca: 0 Oleh 27 Mei 2021Tidak ada komentar
Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma
#TNIAU 

TNI AU. Pen SDM. Mengingat tantangan tugas pengamanan fisik yang dirasakan semakin berat dan dinamis karena adanya potensi gangguan, hambatan, dan beberapa kejadian yang terjadi di luar perencanaan. Maka untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia khususnya bagi personel Pawang Brigade Anjing (Brigan) Paspom Satpom Lanud Suryadarma melaksanakan uji terampil pawang Brigan yang dilaksanakan oleh tim penguji dari Chambaraya Dog Trainer College (DTC) yang dipimpin oleh Rachmatdi beserta timnya, bertempat di Lapangan Tembak Pistol Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Selasa (25/5/2021)

Kegiatan uji terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma yang diikuti oleh 11 personel pawang aktif dan 17 ekor satwa anjing alutsista ini dilaksanakan selama satu hari dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pawang anjing beserta anjingnya untuk terwujudnya kemampuan pawang sebagai instruktur pawang.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., yang disampaikan oleh Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Antonius Adi Nur mengatakan bahwa peningkatan kemampuan sumber daya manusia khususnya bagi personel pawang anjing alutsista Polisi Militer Angkatan Udara merupakan tuntutan yang harus dilakukan karena kita melihat tantangan tugas pengamanan fisik yang dirasakan semakin berat dan dinamis karena adanya potensi gangguan, hambatan, dan beberapa kejadian yang terjadi di luar perencanaan.

Baca juga:  Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Masuk Dikota Balikpapan

“Oleh karena para pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma beserta anjingnya perlu memiliki kemampuan personel kualifikasi khusus pawang anjing alutsista yang terdidik dan berdedikasi tinggi serta memiliki peran yang sangat penting didalam mendukung tugas dan fungsi kepolisian militer, khususnya dalam proses penyelidikan kriminal dan juga penyidikan terhadap suatu perkara yang terjadi di lingkungan TNI Angkatan Udara khusus di Lanud Suryadarma” jelas Danwing saat membacakan sambutan Danlanud Suryadarma.

“Untuk itu saya berharap kepada para pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma ini agar memanfaatkan kesempatan peserta uji terampil pawang brigan ini sebaik mungkin untuk dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sehingga nantinya dapat menjadikan pawang brigan yang professional sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Dansatpomau Lanud Suryadarma Letkol Pom Lukman Khakim menyampaikan ucapan terima kasih kepada para penguji yang telah hadir untuk memberikan penilaian kepada acara ini dan peserta uji terampil pawang brigan untuk semangat dan serius dalam menjalani uji terampil ini agar dapat mendapat nilai yang maksimal.

Baca juga:  Kasau Resmikan Renovasi Ruang VIP Lanud Adisutjipto

“Semoga kegiatan uji terampil pawang brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma secara keseluruhan berjalan dengan aman, lancar dan sesuai yang diharapkan. Dan juga kegiatan uji terampil pawang brigan ini dapat mewujudkan kemampuan sebagai instruktur pawang brigan Satpom Lanud Suryadarma profesional,” tutupnya.

Selama kegiatan uji terampil, para peserta diuji oleh para penguji mulai dari kepatuhan A yang terdiri dari tes sikap dan perilaku anjing terhadap orang asing di dalam formasi 8, tes sikap anjing terhadap orang lain yang membawa anjing serta terhadap suara keras, duduk dalam gerakan sedang berjalan dengan tali penuntun dan memerintah anjing, tiarap dalam sikap sedang dengan pelatih menghadap ke anjing. Sedangkan uji kepatuhan B adalah hampir serupa dengan uji kepatuhan A yang bedanya dilaksanakan tanpa tali penuntun.

Hadir pada acara pembukaan uji terampil pawang Brigan di Lanud Suryadarma antara lain Kadispers Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Kisworo, Dansatpom Lanud Suryadarma Letkol Pom Lukman Khakim, para pejabat Lanud Suryadarma serta undangan lainnya.

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Uji Terampil Pawang Brigan Paspom Satpom Lanud Suryadarma

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel