Berita

UJI TRAMPIL DAN LATIHAN “WALET TRAMPIL” DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 8 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Seluruh jajaran di Lanud Suryadarma, Selasa (30/6) menggelar latihan puncak tingkat satuan bernama “Walet Trampil” sekaligus uji trampil awak pesawat Skadron Udara 7 di Lanud Suryadarma, Subang. Latihan menghadirkan pejabat dari Markas besar TNI AU, Komando Pendidikan TNI AU, Jakarta serta Korpaskhas, Bandung sebagai tim pengawas uji trampil.

 

Dalam sambutannya pada upacara pembukaan Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb D. Widiantoro, MBA menyebutkan bahwa latihan Walet Trampil akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan (30/6-2/7) dengan melibatkan prajurit-prajurit dari unsur-unsur yang ada di Lanud Suryadarma yaitu Skadron Udara 7, Rumah Sakit, Tim Rescue, Prajurit Paskhas dan prajurit serta staf pendukung lainnya guna menguji kemampuan dan profesionalismenya dalam tugas. Melalui latihan tersebut akan diketahui seberapa baik koordinasi, kerjasama dan kesigapan prajurit dalam menyelesaikan tugas sesuai perannya masing-masing, untuk mencapai tujuan bersama.

 

Menurut Letkol Pnb M Syafii, sebagai Direktur Latihan sekaligus Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma menyebutkan dalam Latihan Walet Trampil diibaratkan pada suatu masa saat otonomi daerah diterapkan, Lanud Suryadarma sedang direbut oleh kelompok fiktif bernama Gerakan Subang Merdeka. Dengan dikuasainya Lanud Suryadarma prajurit TNI AU di Subang segera mempersiapkan melakukan operasi perebutan kembali pangkalan udaranya. Dengan melibatkan unsur-unsur dari Prajurit Paskhas serta prajurit Lanud Suryadarma lainnya maka upaya perebutan kembali pangkalan tersebut digelar, melalui pertempuran yang sengit dan kerjasama prajurit akhirnya pangkalan dapat direbut kembali, walaupun jatuh korban. Korban yang jatuh di tolong paramedis Rumah Sakit dan tim SARpur Paskhas agar jiwanya tertolong.

Baca juga:  SISWA SMK ANGKASA 1 LANUD SURYADARMA ADAKAN STAND PEMBUATAN SABLON GELAS

 

Latihan Walet Trampil merupakan puncak latihan satuan tingkat Lanud Suryadarma yang sebelumnya telah didahului oleh berbagai latihan perorangan. Selanjutnya dari tingkat satuan, latihan akan meningkat di tingkat Koopsau I. Sedangkan uji trampil merupakan bentuk pengecekan dari tim penguji untuk melihat kesiapan operasi baik perangkat lunak maupun profesionalisme pengawak dari Satuan-satuan Udara di TNI AU dan Satuan-satuan Paskhas. Sehingga pelaksanaan latihan satuan dan uji trampil di Lanud Suryadarma merupakan sarana untuk mengetahui tingkat profesionalisme dari semua unsur yang ada di Lanud Suryadarma dalam pelaksanaan operasi udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel