Berita

Umat Muslim Hendaknya Meneladani Sifat Nabi Ibrahim AS

Dibaca: 26 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Umat muslim warga Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), dan Kosekhanudnas I baik militer maupun pegawai negeri sipil (PNS), ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini cabang BS VI Kohanudnas serta umat muslim warga Komplek Skadron dan masyarakat sekitarnya, berbondong-bondong untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1430 H di Masjid Baiturrohman Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jum’at (27/11).

 

Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Dradjad Rahardjo S.IP dalam sambutanya yang dibacakan oleh Inspetur Kohanudnas (Irkohanudnas) Kol Pnb, Sujendro mengatakan, umat muslim hendaknya mampu meneladani sifat Nabi Ibrahim Alaihisalam, yaitu rela berqurban dari sebagian harta kita, karena sesungguhnya harta yang telah dianugrahkan kepada kita, ada sebagian yang menjadi hak dari anak yatim dan fakir miskin, maka dengan berqurban kita dapat membantu kepada saudara kita yang kurang mampu, sekaligus menyempurnakan ibadah kita, dan Panglima mengajak kepada seluruh keluwarga besar Kohanudnas, untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT, serta mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara melalui TNI.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas IV Hadiri Halal Bihalal Gabungan Pemda Kabupaten Biak

 

Pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1430 H tersebut bertindak sebagi Imam ustad H. Amin dari Bintal Kohanudnas dan dilanjutkan dengan kotbah hikmah idul adha oleh Ustad Ii Khudori Spd dari Kerawang. Selaku khotib sholat Id Ii Khudori mengatakan bahwa Idul Adha mengadung dua ibadah yaitu Haji bagi yang mampu dan ibadah Qurban seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim Allaihi Salam, yaitu melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih putra semata wayangnya Ismail sebagai qurban.

 

Perintah Allah ini tentu sangat berat bagi Nabi Ibrahim AS, akan tetapi dengan ketaqwaan isterinya Siti Hajar dan putranya Ismai,l menganjurkan agar ayahnya Ibrahim AS melaksanakan perintah Allah itu, dan semoga dengan melaksanakan perintah Allah ayah akan tetap mendapatkan aku dan kesabaran, maka Ibrahim dengan keteguhan hati siap melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih Ismail, akan tetapi dengan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, Ismail digantikan dengan seekor Domba, sejak saat itu umat islam yang mampu sangat dianjurkan memotong hewan qurban pada saat merayakan hari raya Idul adha untuk dibagikan kepada fakir miskin, lanjut Ii Khudori.

Baca juga:  Ribuan Orang Olahraga Bersama di Adisutjipto Dirgantara Four Fun Lanud Adisutjipto

 

Setiap perintah Allah tentu ada maknanya, maka dengan perintah berqurban dan dengan digantikannya Ismail dengan seekor Domba, bahwa Allah memerintahkan kepada sesama manusia tidak boleh saling menyakiti, karena manusia akan saling membutuhkan dan melengkapi, tambah Khudori.

 

Setelah sholat Id, dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban yang didahului dengan penyerahan seekor sapi dari Pangkohanudnas yang diwakili oleh Irkohanudnas Kol Pnb Sujendro kepada panitia qurban dalam hal ini Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kohanudnas Letkol Adm Prabawanto Dwi Anggoro secara simbolis, untuk dipotong dan dibagikan kepada yang berhak menerima. Panitia qurban dapat mengumpulkan hewan qurban dari warga Kohanudnas dan sekitarnya sebanyak satu ekor Sapi dan 42 ekor Kambing, yang dapat dipotong pada perayaan Hari raya Idul qurban 1430 H di Masjid Baitturohman Makohanudnas. Demikian keterangan Kepala penerangan Kohanudnas Mayor Sus Suharto SH.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel