Berita

Unjuk Rasa Anarkis Bandara Haluoleo

Oleh 11 Feb 2019 Februari 13th, 2019 Tidak ada komentar
Unjuk Rasa Anarkis Bandara Haluoleo
#TNIAU 

TNI AU. Bandar Udara Haluoleo yang kesehariannya diramaikan dengan pengunjung yang hendak berangkat maupun tiba menggunakan Pesawat udara pagi tadi, Senin (11/2) diramaikan dengan adanya aksi unjuk rasa dari sekelompok masa yang ingin menyuarakan aspirasinya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dimana kita ketahui bersama Bandara merupakan Obyek Vital Nasional dalam aturan perundang-undangan mengatur larangan untuk melakukan unjuk rasa di kawasan Obyek Vital tersebut. Bandara Haluoleo merupakan Bandara yang berstatus Enclave Sipil atau Bandara yang menggunakan sebagian areal tanah TNI AU dalam hal ini c.q Pangkalan TNI AU Haluoleo Kendari.

Akan tetapi, Sekelompok masa ini memaksa masuk ke terminal Bandara Haluoleo. Petugas Avsec Bandara, Satgas PAM Bandara, Intel, dan Personel Pomau berusaha melakukan negosiasi kepada sekelompok masa tersebut yang berjumlah Puluhan orang, akan tetapi usaha yang telah di lakukan itu gagal dan membuat pendemo semakin anarkis.

Satgas PAM Bandara dari Lanud Haluoleo melaporkan Situasi Bandara Haluoleo ke Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Mayor Lek Syamsul Rijal,S.T untuk meminta bantuan Pasukan PHH, yang diteruskan ke Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana S.M.

Atas perintah Komandan Lanud Haluoleo, 1 Peleton Pasukan PHH Lanud Haluoleo diturunkan menuju Bandara Haluoelo untuk menghalau aksi yang semakin anarkis. Setelah melakukan blokade terhadap masa Pihak Lanud juga berkoordinasi kepada PK Bandara untuk memberikan bantuan Semprotan Air yang membuat masa perlahan-lahan mundur dan membubarkan diri.

Dalam kejadian ini di laporkan terdapat 2 orang pendemo mengalami luka ringan dan sudah di tangani oleh tim Medis Kesehatan Lanud Haluoleo serta diamankan 2 orang yang dianggap sebagai provokator.

Hal diatas merupakan Skenario Latihan PHH Lanud Haluoleo yang digelar Oleh Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana,S.M sebagai Bentuk Kesiapan Personil maupun Materil guna mendukung/membantu Polri dan Pemda atas permintaan menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Dalam kegiatan ini Lanud Haluoleo melibatkan Seluruh Personel Lanud Haluoleo, Bandara Haluoleo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Pada keterangan persnya, Danlanud Haluoleo mengatakan “Lanud Haluoleo sudah menyiapkan Personel Maupun Materil jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam membantu Polri untuk mencipakan Kamtibmas,” tegas Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana,S.M.

DSC_4015

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel