Berita

Unjuk Rasa Driver Ojek Online di Lanud Sulaiman

Dibaca: 9 Oleh 02 Sep 2021Tidak ada komentar
IMG 2737
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Satuan Intelpam Lanud Sulaiman menerima informasi dari Intelpam Kodam III Siliwangi bahwa akan ada pergerakan massa dari para driver ojek online yang akan membuat kekacauan di sekitar Lanud Sulaiman dikarenakan aturan ojek online dilarang masuk dalam lingkungan Lanud Sulaiman untuk mengantar penumpang atau barang sehingga massa tidak setuju dengan aturan tersebut.

Pergerakan sekelompok massa diperkirakan 100 orang telah bergerak dengan sepeda motor menuju  Lanud Sulaiman dari arah Sayati dan sudah berada di jalan Golf dengan membawa ban bekas dan beberapa kayu balok. Mereka berteriak-teriak dan mengadakan orasi menuntut kebijakan di depan gerbang pos 3  yang telah ditutup oleh petugas jaga.

Keadaan tersebut dilaporkan Kadisops kepada Komandan Lanud Sulaiman. Setelah sebelumnya melalui perintah Kadisops, Kasi Kamhanlan (Eagle 2) melakukan gelar pasukan di lapangan apel staf II dan selesai konsulidasi. Pasukan PPRM (Pengendali Pasukan Rusuh Massa), satu tim  Satpomau sebagai tim negosiasi, Pentak, Intelpamau, dan tim kesehatan dengan mobil ambulance standby di dekat pos piket 3 Lanud Sulaiman.

Sesampai di TKP, tim nego (perwira intelpam, hukum dan satu personel Pomau) melaksanakan negosiasi dan himbauan dengan pendemo, namun tidak berhasil. Kasi Kamhanlan selaku Komandan PPRM segera bertindak menggerakkan seluruh kekuatan dan kelengkapan PPRM sesuai dengan tahapan tindakan. Termasuk menyemprotkan water canon kepada para pendemo sampai lemah dan terpecah. Satpomau dibantu dengan intelpam akhirnya menangkap beberapa orang pendemo yang disinyalir sebagai provokator untuk diamankan dan diproses di Satpomau. Pomau mengambil alih perusuh yang dianggap provokator dan bersama Kaintelpam menelusuri duduk perkara yang sebenarnya.

Demikian skenario simulasi pelaksanaan PPRM Lanud Sulaiman yang melakukan peragaan PPRM  dalam menghadapi situasi yang sebenarnya di lapangan bila terjadi kerusuhan. Tim PPRM yang terdiri dari personel bintara dan tamtama Lanud Sulaiman telah melaksanakan aplikasi pelatihan yang disesuaikan dengan kejadian sesungguhnya. Kegiatan tersebut melibatkan seksi terkait diantaranya intelpam, pomau, rumah sakit dengan dukungan mobil ambulans, dan base ops dengan menurunkan 1 unit mobil pemadam kebakaran, yang berlokasi di dekat pos piket 3 Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung. Kamis (2/09).

Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson melalui Kadisops Letkol Lek Petrus P.S., menyampaikan bahwa latihan PPRM yang melibatkan personel Lanud Sulaiman tersebut dimaksudkan agar menjadi pedoman pasukan di lapangan dalam menghadapi rusuh massa. “Setiap anggota harus memahami dan menghayati hakekat PPRM dan mampu mengaplikasikannya di lapangan yang sesungguhnya,” kata Kadisops yang juga menekankan agar para personel melaksanakan latihan tersebut dengan serius dan penuh tanggung jawab, serta tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan.

# Sulaiman Beriman (Bersih, Integritas, Nyaman)

IMG 2782

IMG 2766

IMG 20210902 WA0030

IMG 20210902 WA0032

Baca juga:  Letkol Pnb Tamboto Raih 1000 Jam Terbang

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel