Berita

UNSUR TNI AU DIMINTA HADIR DI SULAWESI BARAT

Dibaca: 41 Oleh 19 Jul 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Barat sangat mengharapkan kehadiran unsur TNI AU di wilayahnya. Keberadaan bandara di ibukota Sulawesi Barat, Mamuju yang menunjukan peningkatan cukup pesat, menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Sulawesi Barat meminta kepada pihak TNI AU untuk hadir di Mamuju.


Gubernur Sulawesi Barat H. Anwar Adnan Saleh saat melakukan audiensi dengan Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau II) Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agus Munandar di kantor Gubernur Sulawesi Barat, Rabu (14/7) mengatakan, untuk mendukung keberadan bandara Mamuju ”Tampa Padang” yang makin meningkat, perlu dihadirkan pihak Angkatan Udara.


”Saat ini aktifitas penerbangan di bandara Mamuju begitu tinggi, sehingga pihak Pemerintah Daerah sangat berharap hadirnya unsur TNI AU disini, guna mendukung sekaligus membantu keberadaan bandara” kata Gubernur Sulawesi H. Anwar Adnan Saleh. Pernyataan itu disampaikan H. Anwar Adnan Saleh kepada Pangkoopsau II terkait dengan perkembangan Bandara ”Tampa Padang” Mamuju Sulawesi Barat saat ini.


Untuk meyakinkan pihak TNI AU, saat ini Gubernur Sulawesi Barat bahkan telah menyiapkan sebidang tanah dan bangunan yang nantinya akan diperuntukan bagi kantor Angkatan Udara. Bangunan bekas terminal kedatangan penumpang itu, terletak disi sebelah selatan kantor Bandara.

Baca juga:  Lanud Maimun Saleh Melaksanakan Latihan Menembak

Pihak Pemda Sulawesi barat saat ini memang sedang serius mengembangkan keberadaan Bandara. Guna menggenjot perekonomian daerahnya, pihak Pemda berencana mengembangkan infrastruktur penerbangan di bandara Tampa Padang. Diantaranya adalah menambah panjang run way dari 2000 m menjadi 2500 m dan lebar dari 30 m menjadi 45 m. Menurut Gubernur H. Anwar Adnan Saleh, kehadiran unsur TNI AU juga sesuai dengan arahan presiden. Gubernur berharap, kehadiran unsur TNI AU di Bandara Tampa Padang mamuju, akan memberi warna positif terhadap perkembangan Bandara khususnya maupun wilayah Sulawesi barat pada umumnya.


Menanggapi permintaan Gubernur Sulawesi Barat, Pangkoopsau II Marsda TNI R. Agus Munandar menyatakan akan melakukan kajian serta survey terlebih dahulu. Dikatakan, dikabulkan tidaknya permintaan masyarakat Sulawesi Barat akan kehadiran unsur TNI AU, sangat tergantung dari keputusan pimpinan TNI AU (Kasau). Pangkoopsau II menambahkan, dari hasil survey dan kajian, pihak Koopsau II selanjutnya akan memberikan saran dan masukan kepada pimpinan di Mabesau, Jakarta.


”Saya sangat berterima kasih kepada Pemda Sulselbar atas permintaan ini, meskipun saya pribadi setuju dan mendukung dua ratus persen usulan ini, tetapi saya tetap akan berdiskusi dulu dengan staf, termasuk memberikan saran dan masukan kepada pimpinan TNI AU’ jelas Pangkoopsau II.

Baca juga:  MARSDA TNI WALIYO, M.Sc. JABAT DANKOHARMATAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel