Berita

UPACARA 17-AN BULAN MEI DI MAKOOPSAU I

Dibaca: 2 Oleh 17 Mei 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Dalam kurun 10 tahun kedepan, tantangan yang dihadapi TNI Angkatan Udara akan semakin berat. Kemajuan teknologi akan semakin pesat, peran kekuatan udara dalam perang modern semakin diperlukan. Meskipun bagi bangsa Indonesia, perang merupakan jalan terakhir yang harus ditempuh, namun menyiapkan diri untuk siap perang, adalah langkah yang cerdas untuk menjamin situasi damai. Demikian amanat tertulis Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI IB. Putu Dunia yang dibacakan Komandan Detasemen Markas Koopsau I (Dandenma Koopsau I) Letkol Kal Edi Siswoyo, pada upacara bendera 17-an bulan Mei di Lapangan Upacara Makoopsau I, Jakarta, Jumat (17/5).

Dalam amanatnya Kasau menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu telah terjadi bentrokan dan perkelahian baik anggota TNI dengan Polri maupun dengan masyarakat yang mengakibatkan korban jiwa maupun luka-luka. Peristiwa tersebut tentunya tidak dikehendaki karena menurunkan kredibilitas TNI di masyarakat.

”Untuk itu pada kesempatan ini, saya menekankan kepada para Komandan Satuan agar senantiasa memonitor dan melakukan pengawasan melekat kepada seluruh anggotanya dan memberikan santiaji tentang pentingnya soliditas sesama anggota TNI, dampak negatif kebanggaan korps yang berlebihan serta upaya pengendalian emosi diri dari setiap permasalahan yang dihadapi. Hal ini dipandang sangat penting mengingat sikap dan tingkah laku anggota tidak terlepas dari tanggung jawab Komandan satuan dalam memimpin dan mengendalikan anggotanya ”. kata Kasau.

Baca juga:  Rakor Pengadaan dan Pengendalian Persediaan Materiel Koharmatau              

Lebih lanjut Kasau menyampaikan bahwa seorang Komandan satuan harus mampu membaca situasi dan gelagat yang akan terjadi dalam satuannya, sehingga anggota tidak bertindak sendiri-sendiri dalam penyelesaian suatu masalah. Apabila terjadi gesekan yang mengarah pada bentrokan dan perkelahian baik intern anggota Angkatan Udara maupun dengan sesama TNI, Polri dan masyarakat, maka diupayakan untuk dilaporkan ke Komandan satuan sehingga dapat dicarikan solusi yang terbaik atau diselesaikan sesuai peraturan dan hukum yang berlaku tegas Kasau.

Upacara yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh seluruh pejabat dan para Perwira, Bintara dan Tamtama serta para Pegawai Negeri Sipil Makoopsau I.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel