TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

UPACARA 17-AN DI MAKOHANUDNAS.

By 18 Sep 2012Berita
emb-314

Segenap anggota Makohanudnas dan Kosekhanudnas I baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaksanakan upacara 17-an, dengan Inspektur upacara Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray di lapangan apel Kohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (17/9).

Dalam amanat tertulis Panglima TNI yang dibacakan Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray mengatakan, bahwa beberapa catatan terkait aksi terorisme yang terjadi diluar maupun di dalam negeri hendaknya menjadi pengingat bagi kita untuk selalu waspada terhadap kemungkinan aksi terorisme, karena para teroris memiliki sasaran yang variatif, mulai dari menyerang intitusi maupun ruang publik orang asing, pusat perbelanjaan, tempat peribadatan, bahkan belakangan ini sasaran diarahkan kepada aparat keamanan, khususnya aparat kepolisian. Konflik komunal yang terjadi di sampang dan beberapa daerah lain hingga menelan korban jiwa mengusik rasa kebhinnekaan yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu mawas diri bahkan TNI harus mampu bertindak selaku perekat bangsa dan membantu menciptakan kondisi yang kondusif untuk mengembalikan jatidiri bangsa Indonesia yang cinta damai dan sangat religious, tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya pula, bahwa maraknya unjuk rasa yang sering menyerang aparat, maraknya konflik berlatar belakang sara, dan maraknya konflik hak atas tanah adat mengindikasikan adanya sekenario yang didalangi pihak-pihak yang memiliki agenda dan kepentingan tertentu untuk menciptakan instabilitas di dalam negeri, sehingga kesemuanya itu menuntut kita untuk lebih peka dan selalu meningkatkan kesiapsiagaan. Untuk itu, TNI harus berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya rasa aman di kalangan masyarakat, karena walaupun amanat undang-undang menetapkan tugas pokok TNI menegakan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI, namun undang-undang juga mengamanatkan bahwa TNI berkewajiban untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dari berbagai ancaman termasuk aksi terorisme dan konflik komunal yang ada.

Keterangan gambar:

Pasukan Pamen sedang mendengarkan sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE yang dibacakan Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray selaku Inspektur Upacara pada upacara 17-an di lapangan apel Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta. Senin, (17/9).

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

UPACARA 17-AN DI MAKOHANUDNAS.