Berita

UPACARA ADAT MELASPAS DAN MECARU GEDUNG VIP BASE OPS LANUD NGURAH RAI

Dibaca: 49 Oleh 28 Nov 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Lanud Ngurah Rai hari Rabu, (27/11) melaksanakan Upacara Adat Melaspas Bangunan VIP Base Ops Lanud Ngurah Rai. Upacara ini termasuk Upacara Dewa Yajnya dan butha Yadnya. Upacara adat Melaspas ini biasa dilaksanakan untuk setiap bangunan yang baru selesai dibangun dengan didahului dengan pelaksanaan Upacara Mecaru (korban suci untuk para Butha) dengan maksud untuk menyucikan bangunan dengan harapan dapat menjadi lebih kokoh, nyaman bagi penghuninya. Upacara mecaru ini bertujuan untuk menyatukan bahan bahan bangunan sehingga menjadi sebuah bangunan gedung atau rumah, disinilah bahan-bahan bangunan itu di urip (dihidupkan) tidak lagi namanya kayu, besi, pasir kesemuanya bersatu menjadi sebuahbangunan/gedung/ rumah menurut penjelasan Kasibintal Lanud Ngurah Rai Mayor Sus Rinaldi S.Ag. 

Lebih lanjut Paroh Hindu Lanud Ngurah Rai Drs. I Ketut Berata menambahkan bahwa Prosesi upacara pamelaspasan Gedung VIP Base Ops Lanud Ngurah Rai didahului dengan upacara mecaru (korban suci) memakai seekor ayam, tujuannya adalah untuk menetralisir dan mengharmoniskan unsur – unsur kekuatan negative agar diubah menjadi kekuatan positif. Setelah pelaksanaan Upacara mecaru dilanjutkan dengan melaksanakan Upacara memakuh dengan menanam Bata Merah, tujuannya adalah untuk memperkokoh bangunan tersebut. 

Baca juga:  UJI KOMPETENSI TEKNISI SATHAR 42 DEPOHAR 40

Untuk tahapan terakhir dalam rangkaian prosesi adat tersebut dilanjutkan dengan melaksanakan doa persembahyangan bersama oleh umat hindu Lanud Ngurah Rai yang disaksikan langsung oleh Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Sugiharto Prapto W.,S.Sos dan Ibu beserta warga muslim Lanud Ngurah Rai. 

Setelah doa dan persembahyangan kemudian dilanjutkan acara penanaman caru di halaman Kantor Base Ops oleh Komandan Lanud Rai disaksikan oleh Perwira Staf dan warga Lanud tujuannya adalah sebagai penolak/penangkal unsur – unsur kekuatan negative. Sebagai acara penutup dilanjutkan dengan ramah tamah oleh warga lanud Ngurah Rai beserta ibu ibu yang hadir.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel