Berita

Upacara Bedera 17-an di Lanud Husein S.

Upacara Bedera 17-an di Lanud Husein S.
#TNIAU 

Upacara Bedera 17-an di Lanud Husein S.

TNI AU.  Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama S.E., M.M., bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara 17-an bertempat di lapangan apel Mako Lanud Husein sastranegara, Senin (17/02/2020).

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danlanud menyatakan bahwa Perkembangan lingkungan global dewasa ini, telah menunjukkan terjadinya berbagai konflik serta permasalahan krusial, seperti serangan swarm-drone yang menyasar kilang minyak Arab Saudi, eksekusi Amerika terhadap petinggi militer Iran dengan memanfaatkan drone, hingga yang terbaru merebaknya Novel Corona Virus yang telah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh WHO. Sebagai garda terdepan bangsa Indonesia, TNI Angkatan Udara harus mampu melihat berbagai permasalahan ini dari sudut pandang pertahanan, sekaligus menyiapkan worst-case scenario yang mungkin timbul dari berbagai issue tersebut.

Lebih lanjut Kasau menyatakan bahwa global warming yang mengakibatkan climate change, sehingga bencana alam semakin rentan terjadi. Kondisi ini menjadi semakin parah, khususnya bagi negara yang berada di kawasan Pacific Ring of Fire seperti Indonesia. Musibah banjir, tanah longsor, erupsi gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami, menjadi semakin rentan terjadi. Artinya kesiapan TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang, akan menjadi hal yang krusial dalam mengatasi berbagai bencana alam tersebut.”, tegas Kasau.

Baca juga:  Exit Briefing Danlanud Husein S

Diakhir sambutannya Kasau menambahkan pengembangan kekuatan alutsista udara ke depan tidak menitikberatkan pada platform-centric, melainkan network-centric. Termasuk juga rencana pembentukan Satuan Cyber, yang salah satu tugasnya adalah untuk meningkatkan cyber awareness para prajurit TNI Angkatan Udara, sehingga dapat membendung dampak negatif dari teknologi tersebut. Tidak perlu mumpuni dalam bidang cyber untuk turut berperan. Kebiasaan kecil seperti menjaga kerahasiaan negara di media sosial, adalah upaya sederhana yang bisa dimulai setiap personel di satuan.

Pada Upacara 17-an bulan ini Lanud Husein Sastranegara menjadi koordinator penyelenggara upacara yang pesertanya meliputi Koharmatau, Dislitbangau, Lanud Husein Sastranegara, Depohar 10, Lafiau, Wingdiktekal, Sesa Husein Sastranegara dan Rumkit Tingkat II Salamun. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Kal Aji Akbar yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Pengadaan (Ka ada) Lanud Husein Sastranegara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel