Berita

Upacara Bendera 17-an Bulan Januari di Lanud Silas Papare

Upacara Bendera 17-an Bulan Januari di Lanud Silas Papare
#TNIAU 

TNI AU.  Upacara 17-an bulan Januari yang diselenggarakan di lapangan apel Lanud Silas Papare dengan Inspektur Upacara Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir.Tri Bowo Budi Santoso, M.M.,M.Tr.(Han), Kamis (17/1). Diikuti oleh seluruh personel Lanud Silas Papare baik Militer maupun PNS.

Dalam amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M.,M.Tr.(Han) mengatakan bahwa pada tahun 2018 kita mencatat berbagai peristiwa yang tidak hanya menjadi perhatian kita semua, tetapi juga menguji kesiapsiagaan dan kemampuan serta pengabdian TNI sebagai alat Negara.

Tahun 2018 menjadi pembuktian bahwa TNI mampu menyelenggarakan beberapa kegiatan berskala besar secara serentak. TNI melaksanakan penanggulangan bencana gempa di Lombok serta gempa di Palu termasuk juga mengamankan Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang dan pengamanan IMF-Word Bank annual meeting di Bali.

TNI juga membantu dan mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana kemanusiaan di Kabupaten Asmat, Papua dan suku Mausu Ane Maluku.Pencarian dan penyelamatan, kita telah menurunkan pasukan dan alutsista dalam tugas SAR, termasuk evakuasi dan pencarian Lion Air JT-610. TNI juga mengatasi kelompok bersenjata di Kabupaten Nduka, Papua yang telah membunuh secara keji puluhan masyarakat sipil yang sedang melaksanakan pembangunan jembatan dan mengakibatkan gugurnya 1 orang prajurit TNI.

Pada perdamaian dunia, TNI berhasil menempatkan diri pada posisi 7 dunia sebagai Negara contributor pasukan perdamaian PBB. Terdapat 8 misi PBB dimana prajurit TNI bertugas dalam berbagai posisi, termasuk diantaranya 75 orang wanita TNI. Dimana telah terdapat 41.810 personel TNI yang telah bertugas di bawah bendera PBB sejak tahun 1957.

Sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional, TNI dinilai mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinnekaan. TNI bersama-sama segenap komponen bangsa harus melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat. Sinergi dengan berbagai kementrian dan lembaga, serta seluruh komponen bangsa harus dipelihara dan ditingkatkan, tidak sekedar menjadi selogan.

Pesta Demokrasi 2019 menjadi perhatian kita semua. Pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden harus dapat berjalan dengan lancar,aman,damai, dan sukses. Netralitas TNI kita harus tunjukkan untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas yang telah di canangkan oleh Panglima TNI.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel