Berita

UPACARA BENDERA 17-AN DI LANUD ISWAHJUDI

Dibaca: 3 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Modernisasi Kekuatan TNI, Wujudkan Kekuatan TNI Yang “Cukup”

 

 

Pen Iwj. Memasuki bulan keempat tahun pertama Renstra II yang difokuskan pada modernisasi atau pembangunan kekuatan TNI, kesemuanya itu dimaksudkan untuk mewujudkan “Kekuatan Pokok Minimum Pertahanan”, yang bertekad mewujudkan kekuatan TNI yang “Cukup’, menuju terwujudnya kekuatan pertahanan Negara yang “cukup” pula.

 

Demikian disampaikan Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Wing 3, Kolonel Pnb Andyawan M.P. selaku Irup pada upacara bendera 17-an yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Iswahjudi baik militer maupun PNS di lapangan Dirgantara, Senin (19/4).

 

Dikatakan makna dan hakekat dari kekuatan “cukup” adalah kekuatan yang mampu mengemban tugas-tugas operasional yang sedang dan akan dipercayakan; setiap saat dapat dikembangkan bila diperlukan, tidak berlebihan di tengah keterbatasan anggaran; tidak ketinggalan di tengah kemajuan teknologi militer; serta memiliki Deterrence Effect atau “Daya Tangkal” yang tinggi, sehingga “disegani” oleh kawan ataupun lawan.

 

“Namun demikian aspek pemeliharaan dan perawatan terhadap Alkap, Alut dan Alutsista tiap angkatan, harus tetap dilaksanakan untuk menghindari dan menekan terjadinya “resiko”, baik berupa Incident (kejadian bahaya) maupun Accident (kecelakaan), hingga tingkat serendah-rendahnya’, lanjut Panglima TNI.

Baca juga:  Penutupan TMMD Ke-95 TA. 2015 Di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

 

Dengan ditetapkan kebijakan “Optimalisasi Peran TNI”, Panglima TNI menegaskan bahwa “Optimalisasi” peran TNI sama sekali bukan “Ekpansi” TNI seperti di masa lalu, untuk “mencampuri” atau mengambil alih” peran dan tugas pokok institusi lain, akan tetapi semata-mata panggilan moral dan fungsional TNI dalam rangka menunaikan “tugas kemitraan” atau “tugas perbantuan” TNI kepada institusi atau lembaga lain.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel