Berita

UPACARA GABUNGAN TNI-POLRI SEWILAYAH GARNISUN TETAP III / SURABAYA

Dibaca: 40 Oleh 17 Sep 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Komandan Kobangdikal Surabaya Laksamana Muda TNI Djoko Teguh memimpin upacara bendera gabungan TNI dan Polri sewilayah Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya, yang berlangsung di Lapangan upacara Laut Maluku Kobangdikal Surabaya, Senin (17/9).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Kogartap III/Surabaya, Kepala Staf Kodam V/ Brawijaya, Kepala Staf Armatim, Kepala psykologi TNI AL, Komandan Lanud Surabaya, Komandan Pusdiklat Hanudnas dan para pejabat TNI lainnya.

Dalam amanat Panglima TNI Agus Suhartono, SE yang dibacakan Komandan kobangdikal Surabaya selaku Inspektur Upacara, diantaranya mengatakan bahwa, selain mengucapkan ucapan selamat Idul Fitri 1433 Hijriah kepada Prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, juga menyampaikan pada bulan September terdapat catatan yang terkait aksi terorisme baik diluar maupun didalam negeri dimana terorisme ini memiliki sasaran yang sangat variaktif, mulai dari menyerang isntitusi maupun ruang orang asing bahkan belakang ini sasaran diarahkan kepada aparat keamanan, khususnya kepolisian. Demikian pula dengan konflik komunal yang terjadi di sampang hingga menelan korban jiwa juga mengusik rasa kebhinekaan yang merupakan ciri khas bangsa indonesia. Unjuk rasa yang sering menyerang aparat yang didalangi oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu sehingga menuntun kita lebih peka dan selalu meningkatkan kesiapsiagaan.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa TNI harus berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya rasa aman di kalangan masyrakat walaupun amanat undang-undang menetapkan TNI menegakkan kedaulatan dan menjaga NKRI, namun TNI tetap berkewajiban untuk melindungi segenap bangsa dari berbagai ancaman. Oleh sebab Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi dan haraapan sebagai pedoman dlam mengebang tugas dan komitmen sebagai berikut :

  • Pertama, bantu dan tingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terus ikut berupaya mengatasi setiap kesulitan yang dihadapi masyarakat.
  • Kedua, tingkatkan dan pertahanan jatidiri TNI yang selalu memegang teguh disiplin, sehingga patut dijadikan teladan oleh masyarakat disekitarnya.
  • Ketiga, waspadai terus gerakan terorism yang kehadiirannya seperti pencuri di malam hari, sulit diprediksi namun tidak akan muncul pabila kita dalam konsisi siap.

Upacara dikuti oleh seluruh TNI dan kepolisian yang berada di wilayah Garnisun Tetap III Surabaya yang terdiri dari satu kompi pasukan Pamen gabungan, satu kompi Pama gabungan, satu kompi Wanita TNI dan polwan, satu kompi gabungan POM TNI, dua bataliyon pasukan TNI AD yakni bataliyon 500 Rider dan bataliyon 16, satu bataliyon pasukan Marinir, satu Kompi TNI AL, satu kompi TNI AU, satu kompi kepolisian dan satu kompi PNS gabungan.

Upacara dimulai pukul 08.00, berakhir pukul 09.00 WIB yang dilanjutkan pengarah dari Pangdam V/Brawijaya Mayen TNI Murdjito selaku Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya untuk para Komandan dan seluruh Perwira menengah di gedung Mulyadi Kobangdikal Surabaya.

Baca juga:  Danlanud Rsn Terima Kunjungan  Panglima TNI, Kapolri dan Mentri LHK

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel