Berita Utama

Upacara Gelar Operasi Gaktib & Yustisi T.A 2019

By 08 Feb 2019 February 14th, 2019 No Comments
IMG_8332
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.    Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Kepolisian Militer TA 2019, dilaksanakan di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019 dengan Panglima TNI sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh kurang lebih 1200 orang yang merupakan gabungan personel dari Pomad, Pomal, Pomau, Kopassus, Marinir dan Paskhas serta gabungan Brimob dan Lantas Polda Metro Jaya.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya menegaskan bahwa esensi operasi ini adalah proses berkelanjutan dari  upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit TNI dan juga PNS TNI.    Untuk itu, harus diwujudkan secara tegas dan berwibawa baik perorangan maupun satuan sesuai dengan tema Operasi Gaktib TA 2019 yaitu “Dengan Operasi Gaktib TA 2019, Polisi Militer Berkomitmen Meningkatkan Disiplin, Ketaatan Hukum, Dedikasi dan Loyalitas Prajurit, dalam Mendukung Tupok TNI Guna Mewujudkan Bersama Rakyat, TNI Kuat”.

Selanjutnya, hasil pelaksanaan Operasi Gaktib ditindaklanjuti dengan proses yustisi terhadap pelanggar sesuai dengan tema “Kita Pelihara dan Tingkatkan Harmonisasi dengan Rakyat, agar Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional dan Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Lebih lanjut, Panglima TNI berpesan kepada seluruh Polisi Militer agar memiliki kesamaan persepsi di dalam melaksanakan tugas di lapangan, baik dengan sesame petugas Polisi Militer maupun dengan petugas penegak hukum lainnya.   Pedomani kebijakan dan perintah Pimpinan TNI sehingga mampu menghindari kesalah pahaman.     Petugas juga tidak boleh bersikap arogan di lapangan, namun tetap tegas dan tidak ragu-ragu.

Dalam upacara tersebut, Panglima TNI juga menyematkan tanda pelaksana pada ban lengan masing-masing perwakilan dari Pomad, Pomal dan Pomau sebagai tanda dan resmi dimulainya Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2019, dilanjutkan dengan pembacaan tekad oleh perwakilan dari Marinir, Kostrad dan Paskhas.

Rangkaian kegiatan Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Kepolisian Militer TA 2019 mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran yang dilakukan oleh Puspomau selaku panitia pelaksana telah berjalan dengan lancar dan aman.

Leave a Reply