Berita

Upacara Gelar Pasukan Pengamanan RI 2 Wilayah Kalimantan Selatan

Dibaca: 5 Oleh 18 Mei 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Jajaran unsur TNI/Polri se-Kalimantan Selatan serta instansi terkait yang tergabung dalam unsur pasukan pengamanan melaksanakan upacara gelar pasukan pengamanan RI 2 bertempat di lapangan Angkasa Lanud Sjamsudin Noor. Minggu, (17/5). 

Upacara Gelar Pasukan pengamanan RI 2 tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam VI/MLW Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya dikatakan bahwa Upacara Gelar pasukan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan kesiapan pasukan pengamanan RI 2 beserta unsur terkait lainnya dalam mengamankan Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Muhammad Jusuf Kalla dalam rangka Peletakan Batu Pertama Perluasan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru Kalimantan Selatan yang rencananya akan digelar pada Senin, 18 Mei 2015. Selain itu upacara gelar pasukan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP, baik secara organisasi, kesiapan personel, materiil, alat perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya. 

Dikatakan pula, kegiatan kunjungan kerja Wakil Presiden RI ke Kalsel tersebut perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat, dan dilaksanakan dengan baik oleh Satuan Kewilayahan maupun satuan lainnya di wilayah Kalsel beserta aparat terkait, sehingga dalam penanggulangan yang sewaktu-waktu timbul, dapat di atasi secara tepat dan cepat, disamping untuk memberikan kenyamanan terhadap Wakil Presiden RI beserta rombongan, juga memberikan kesan bahwa TNI/Polri mampu bekerja secara profesional. Diharapkan melalui upacara gelar pasukan pengamanan ini rangkaian kegiatan Peletakan Batu Pertama Perluasan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru Kalimantan Selatan dapat berjalan dengan lancar dan aman. 

Baca juga:  Pangkosekhanudnas III Menerima Kunjungan Komandan Guskamla Armada I

Dalam menghadapi rangkaian Kuker Wakil Presiden RI di Kalsel tersebut Pangdam VI/MLW memberikan penekanan kepada peserta gelar pasukan agar peserta gelar dapat menyiapkan mental, fisik serta kedisiplinan dalam bertugas. Hindarkan tindakan yang tidak simpatik, arogan, dan sok kuasa, yang tidak mencerminkan perilaku seorang prajurit. Waspadai dan monitor daerah-daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu, lintas sektoral serta bertindak sigap dan cepat terhadap setiap permasalahan, yang berpotensi menimbulkan ancaman yang akan menghambat kelancaran kunjungan kerja Wakil Presiden RI di Kalsel serta pelihara kebersamaan dan tingkatkan kerjasama antara prajurit TNI, Polri, unsur Pemda dan masyarakat, sebagai satu kekuatan yang sinergis untuk mensukseskan pengamanan. 

Upacara Gelar Pasukan tersebut di hadiri oleh Sekda Prov Kalsel M. Arsyadi, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Mahfud Ariffin SH., Kabinda Kalsel Brigjen TNI Rahmad Pribadi, Danrem 101/Ant Kolonel Inf M. Abduh Ras, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto SE., Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi, Dansatbrimobda Kalsel, para Komandan Satuan TNI/Polri wilayah Kalsel dan Paspampres serta para unsur pejabat terkait lainnya. 

Baca juga:  Wakasau dan RTAF Chief of Air Staf Tutup Latma Elang Thainesia XVIII/2017

Setelah gelar pasukan selesai kegiatan dilanjutkan dengan gladi pengamanan pelaksanaan kuker RI 2 dan diakhiri dengan Rapat Evaluasi Pengamanan VVIP kuker RI 2 bertempat di ruang VIP Room Lanud Sjamsudin Noor. Seluruh acara berlangsung dengan tertib dan lancar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel