Berita

UPACARA HARI BAKTI TNI AU KE-63 DI LANUD ASTRA KSETRA

Dibaca: 4 Oleh 30 Jul 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Upacara peringatan hari bakti TNI AU ke-63 dilaksanakan dengan penuh Khidmat dan sederhana dengan Inspektur upacara Kepala Dinas Operasi Lanud Astra Ksetra Kapten Pom M. Rudi mewakili Komandan Lanud Astra ksetra yang diikuti oleh Pasukan Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns serta dihadiri oleh ibu-ibu PIA Ardhya Garini,persatuan purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) dan ibu-ibu persatuan ibu purnawirawan (PERIP) yang bertempat dilapangan upacara Lanud Astra Ksetra, pada hari kamis 29 Juli 2010.

 

Pada peringatan upacara hari bakti kita mengenang peristiwa heroik 63 tahun yang lalu, tepatnya 29 Juli 1947. Terjadi dua peristiwa penting, Pertama adanya Serangan Udara TNI Angkatan Udara terhadap daerah pendudukan Belanda di Ambarawa, Salatiga dan Semarang yang dilakukan oleh kadet penerbang Sutardjo Sigit, Suharnoko Harbani, dan Mulyono. Peristiwa Kedua gugurnya tiga pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Udara Adi Sutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo. Ketika pesawat Dakota VT-CLA yang dinaiki dan membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya ditembaki pesawat Belanda Kitty Hawk dan jatuh didesa Ngoto, 3 km di selatan yogyakarta.

Baca juga:  Tingkatkan Kedisiplinan Personel, Satpom Lanud HAS Hanandjoeddin Gelar Pekan Disiplin

 

Dengan melihat dua peristiwa bersejarah 63 tahun yang lalu dapat dilihat keteladanan dan rasa nasionalisme yang tinggi dan patut ditiru generasi penerus TNI AU saat ini dalam melaksanakan tugas selanjutnya. Oleh karena itu sangat tepat jika “Dilandasi Semangat Patriotisme dan Dedikasi yang Tinggi Prajurit TNI AU Siap untuk Memberikan yang Terbaik bagi Bangsa dan Negara”. Sebagai tema peringatan hari bhakti TNI AU kali ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel