Berita

UPACARA HARI BAKTI TNI AU KE-65 DI LANUD ASTRA KSETRA

Dibaca: 6 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Upacara peringatan ke-65 Hari Bakti TNI Angkatan Udara dilaksanakan dengan khidmat dan sederhana dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Astra Ksetra Letkol Nav Insan Nanjaya, S.H. selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh Pasukan Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns. Bertempat dilapangan Upacara Lanud Astra Ksetra. Minggu (29/7).

Hari Bakti untuk mengenang peristiwa heroik 65 tahun yang lalu, tepatnya 29 Juli 1947. Terjadi dua peristiwa penting, Pertama adanya Serangan Udara TNI Angkatan Udara terhadap daerah pendudukan Belanda di Ambarawa, Salatiga dan Semarang yang dilakukan oleh Kadet Penerbang Sutardjo Sigit, Suharnoko Sarbani, dan Mulyono. Peristiwa Kedua gugurnya tiga pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Udara Adi Sutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo. Ketika pesawat Dakota VT-CLA yang dinaiki dan membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya ditembaki pesawat Belanda Kitty Hawk dan jatuh didesa Ngoto, 3 km selatan yogyakarta.

Dari dua peristiwa bersejarah tersebut dapat dilihat keteladanan dan rasa Nasionalisme yang tinggi dan patut ditiru generasi penerus TNI Angkatan Udara saat ini dalam melaksanakan tugas selanjutnya. Oleh karena itu sangat tepat jika tema yang diangkat adalah “Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI Angkatan Udara Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke 65 Lanud Astra Ksetra mengadakan Upacara Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang, Bakti Sosial Pengobatan Gratis, Khitanan Massal dan Pengobatan Gigi yang dilaksanakan diwilayah Kampung Gunung Batin, Kabupaten Lampung Tengah. Serta Donor Darah.

Baca juga:  Danlanud Abd Ikuti Upacara Hut Ke-102 Kota Malang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel