Berita

Upacara Hari Bakti TNI AU Ke-68 Di Lanud Astra Ksetra

Dibaca: 3 Oleh 29 Jul 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Upacara peringatan ke-64 Hari Bakti TNI AU dilaksanakan dengan khidmat dan sederhana dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Astra Ksetra Letkol Nav Arief Budiman, S.T, PSCJ selaku inspektur upacara yang diikuti oleh Pasukan Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns serta para undangan dari PIA Ardhya Garini Cab. 9 D/I Lanud Astra Ksetra dan PPAU (Persatuaan Purnawirawan Angkatan Udara), bertempat dilapangan upacara Lanud Astra Ksetra, Rabu, (29/7)

Hari Bakti untuk mengenang peristiwa heroik 68 tahun yang lalu, tepatnya 29 Juli 1947. Terjadi dua peristiwa penting, Pertama adanya Serangan Udara TNI Angkatan Udara terhadap daerah pendudukan Belanda di Ambarawa, Salatiga dan Semarang yang dilakukan oleh kadet penerbang Sutardjo Sigit, Suharnoko Harbani, dan Mulyono. Peristiwa Kedua gugurnya tiga pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Udara Adi Sutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo. Ketika pesawat Dakota VT-CLA yang dinaiki dan membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya ditembaki pesawat Kitty Hawk Belanda dan jatuh didesa Ngoto, 3 km selatan yogyakarta.

Baca juga:  Kadispers Lanud Abd Hadiri Hut Ke-52 Dharma Pertiwi

Ini merupakan warisan para pendahulu dala peristiwa bersejarah tersebut, senantiasa menjadi inspirasi dan semanagat yang tetap terpelihara sekaligus dijadikan sebagai nilai moral profesionalisme prajurit TNI AU dalam mengemban tugas pengabdiannya kepada bangsa dan Negara, tegas Danlanud saat membacakan amanat Kasau pada acara tersebut.

Usai acara seluruh anggota dan para undangan menuju gedung Arkaloka Lanud Astra Ksetra untuk melaksanakan ramah tamah. Acara yang sudah diagendakan ini sekaligus bertatap muka langsung dengan ketua PPAU Cab Lampung Letkol Adm Purn Hadi (Mantan Danlanud Astra Ksetra Periode 1986-1990) dan Bpk Jumli selaku lurah Kampung Astra Ksetra. Danlanud mengatakam, bahwa disamping acara ramah tamah juga sekaligus bertatap muka dan silahturahmi ini merupakan salah satu bentuk rasa kepedulian serta rasa hormat kami berkeinginan untuk berbagi rasa, sehingga terjalin hubungan yang lebih baik.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel