Berita

Upacara Hari Bakti TNI AU Ke 70 di Lanud Sri Mulyono Herlambang

Dibaca: 9 Oleh 31 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Upacara Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke 70 tahun 2017 yang jatuh pada Sabtu (29/7) di Lanud Sri Mulyono Herlambang bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Easter Hariyanto. Seluruh segenap anggota Lanud Sri Mulyono Herlambang, Dalam rangka Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke 70 tahun 2017, Lanud Palembang yang secara struktur organisasi berada dibawah Koopsau I, juga sebelumnya melaksanakan, Donor Darah, Sunatan masal, karya bhakti, serta ziarah Taman makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, dan sebagai puncak peringatan Hari Bakti TNI AU ke 70 digelar upacara militer di Lapangan Apel depan Mako Lanud Sri Mulyono Herlambang.(29/7)

Dalam amanat Kasau (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.IP , yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Easter Hariyanto. Upacara ini merupakan rangkaian dari puncak peringatan ke-69 hari bakti TNI Angkatan Udara tahun 2017, Hari bakti TNI Angkatan Udara yang diperingati setian tahunya ini berawal dari adanya dua peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947.

Baca juga:  Negara Kesatuan RI Adalah Harga Mati Yang Tidak Bisa Ditawar

Peristiwa heroik yang terjadi 70 tahun silam, yaitu pada tanggal 29 Juli 1947 telah menorehkan tinta emas, pejuangan dan pengabdian TNI Angkatan Udara kepada Negara tercinta ini. Serangan udara pada pagi hari, yang di tunjukan terhadap kedudukan Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga, merupakan operasi Udara yang pertama kali dan menjadi cikal bakal operasi udara, yang terus dikembangkan oleh TNI Angkatan Udara. Serangan udara tersebut dilaksanakan oleh para kadet penerbang kadet penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit, dan Suharnoko Harbani.Selanjutnya sejarah mencatat bahwa keberhasilan yang diraih tersebut harus dibayar mahal dengan ditembak jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di desa Ngoto dan gugurnya para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara.

Nilai-nilai luhur dari sebuah pengabdian sekaligus pengorbanan dari kedua peristiwa tersebut, hendaknya dapat kita maknai pada setiap kegiatan memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara. Semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban dan dedikasi yang tinggi, merupakan nilai luhur yang telah ditunjuk oleh para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara. Nilai-nilai luhur tersebut merupakan nilai yang bersifat kekal dan harus berkembang dan tumbuh subur dalam diri setiap prajurit TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  Kadisops Lanud Atang Sendjaja Tutup “Latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”

Hal tersebut di atas tentunya selaras dengan tema peringatan hari bakti TNI Angkatan Udara ke-70 tahun 2017 kali ini yaitu: “Dengan semangat kepahlawanan dan Patriotisme 29 Juli 1947, TNI AU berbenah diri untuk menjadi lebih profesional, modern, solid, dan berintergritas dalam rangka menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan NKRI”. Hadir pada acara tersebut, dihadiri para undangan, ketua PIA AG Cab 10/ D l Lanud Sri Mulyono Herlambang beserta pengurus, dan PPAU cabang Palembang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel