Berita

Upacara Hari Bela Negara 2015 Provinsi Kalimantan Selatan

Dibaca: 3 Oleh 19 Jan 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor

Beserta Satu SST Pasukan Lanud Sjamsudin Noor

Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Nasional Bela Negara tahun 2015, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan jajarannya beserta Muspida mengadakan upacara di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi beserta satu SST Pasukan dari Lanud Sjamsudin Noor turut mengikuti upacara Hari Bela Negara tahun 2015 tersebut, Senin, (19/1). Upacara tersebut juga diikuti oleh PNS, TNI dan pelajar wilayah Kalimantan Selatan.

Dalam sambutan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan inspektur upacara Sekda Prov Kalsel M. Arsyadi, ME., menyampaikan bahwa upaya bela negara harus ditegakkan dalam rangka eksistensi dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Potensi Negara yang besar harus dipertahankan demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta untuk kesejahteraan seluruh rakyat. Oleh karena itu, segala sesuatu yang merupakan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) harus diberantas dari bumi Indonesia, seperti pencurian ikan laut (illegal fishing), korupsi, penyelundupan dan penyalahgunaan narkoba, yang harus diperangi dan diberantas agar kehidupan bangsa tetap aman, damai, dan lestari.

Baca juga:  Marsma TNI Bonar Hutagaol Jabat Kepala Staf Koopsau I

Peringatan hari bela negara merupakan wujud pengakuan terhadap perjuangan membela tanah air dari intimidasi penjajah. Membela dan mempertahankan negara memang bukan hanya menjadi kewajiban militer atau tentara, tetapi juga wajib bagi segenap warga negara dan seluruh rakyat Indonesia. Jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu kekuatan bagi NKRI. Karena, upaya bela negara tidak hanya dengan perjuangan secara ofensif tetapi juga bisa dilakukan secara politik dan diplomasi, sebagaimana pernah dilakukan Mr. Syarifudin Prawiranegara di Sumatera dulu dalam perjuangan menegakkan kedalutan Negara Republik Indonesia.

Penyelenggaraan peringatan Hari Gerakan Nasional Bela Negara tersebut dihadiri pula oleh para pejabat TNI/Polri Kalsel, FKPD Kalsel dan para undangan lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel