Berita

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Tugu Letda Sujono Bandar Betsy

Dibaca: 25 Oleh 03 Okt 2022Tidak ada komentar
IMG 5064
#TNIAU 

IMG 5064

Pasukan gabungan TNI/Polri, Pemda, Satpol PP, Pelajar dan organisasi kemasyarakatan mengikuti Upacara  Kesaktian Pancasila di Tugu Letda Sujono Bandar Betsy Kabupaten Simalungun. Sabtu (1/10/2022). Upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada  tanggal 1 Oktober untuk memperingati Kesaktian Pancasila setelah adanya pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh kelompok yang menamakan diri PKI yang membantai 7 orang Perwira Tinggi TNI di Lubang Buaya Jakarta Timur.

IMG 5100

Upacara Kesaktian Pancasila kali ini mengangkat tema ” Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” dihadiri oleh Forkopimda Sumut dan Kabupaten Simalungun, Pejabat Utama TNI/Polri &  Pemda. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan Ketua DPRD Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting membacakan Ikrar setia kepada Pancasila mewakili rakyat Sumatera Utara.

Selesai pelaksanaan upacara, Irup dan seluruh Forkopimda meletakkan karangan bunga di Tugu Letda Sujono tempat dibantainya Letda Sujono oleh kelompok PKI dan selanjutnya memberikan tali asih kepada keluarga Letda Anumerta Sujono. Acara diakhiri dengan pertunjukan tarian etnis di Sumatera Utara dan drama kolosal pembantaian Letda Sujono.

Baca juga:  Kasau Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Pelaporan Keuangan Kemhan/TNI Tahun 2021

IMG 5136

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel