TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Di Lanud Sultan Hasanuddin

By 30 Oct 2017 Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E, Sabtu (28/10) bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin, Wing 2 Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas, Denhanud 472 Paskhas, baik militer maupun Aparatur Sipil Negara.

Upacara yang dilaksanakan dengan khidmat tersebut diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan ikrar Sumpah Pemuda, sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga dan diakhiri dengan doa.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutannya yang dibacakan Inspektur Upacara Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E. mengatakan bahwa Sumpah Pemuda dibacakan di arena kongres pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia. Secara imajinatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah.

Ditambahkan, Panitia dan peserta kongres memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia. Inilah yang kita sebut dengan; “Berani Bersatu”.

Presiden Republik Indonesia pertama, Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.” Pesan ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Selanjutnya juga disampaikan “Kita patut bersyukur dan berterimakasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia.”

Pada bulan Juli 2017, Bapak Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Layanan Kepemudaan. Melalui Perpres ini peta jalan kebangkitan pemuda Indonesia terus kita gelorakan. Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Di Lanud Sultan Hasanuddin