Berita

Upacara Hut Ke 68 Pomau di Lanud Suryadarma

Dibaca: 2 Oleh 04 Nov 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

“Enam puluh delapan tahun sesungguhnya merupakan waktu yang cukup panjang untuk proses pematangan dan pemantapan satuan, termasuk satuan Polisi Militer Angkatan Udara, pengalaman yang panjang dengan berbagai dinamika yang terjadi merupakan masukan yang sangat berharga bagi kepentingan pembinaan dan pembangunan satuan Korps Polisi Militer Angkatan Udara baik untuk saat ini maupun di masa-masa yang akan datang, dalam kurun waktu tersebut, berbagai pelibatan Polisi Militer Angkatan Udara dalam menyukseskan pelaksanaan tugas-tugas Angkatan Udara telah banyak memberikan peran dalam bentuk karya-karya terbaiknya” demikian sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI IB Putu Dunia pada HUT ke 68 POM AU yang dibacakan Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tahyodi, S AP di Base Ops Lanud Suryadarma, Senin (3/11).

Hadir dalam upacara tersebut Komandan Wingdik Tekkal Kolonel Tek A Tavianta, S IP dan pejabat lainnya di lingkungan Lanud Suryadarma, Wingdik Tekkal dan Kompi Senapan C Yonko 461 Paskhas.

Oleh karena itu, Lanjut Kasau peringatan Hari Ulang Tahun ini hendaknya benar-benar dapat dijadikan wahana dan momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi secara jujur atas kinerja yang telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian di masa-masa yang akan datang.

Dikatakan keberadaan Polisi Militer Angkatan Udara saat ini, disadari bahwa prestasi dan karya pengabdian yang telah berhasil diukir selama ini tidak terlepas dari rintisan, kerja keras dan perjuangan para sesepuh, senior dan pendahulu yang dengan segala ketekunan, keikhlasan dan dedikasinya telah meletakkan dasar-dasar pembinaan yang tepat, serta berdimensi jauh ke depan. Sebagai salah satu badan pelaksana pusat tingkat Mabesau yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf Angkatan Udara, Polisi Militer Angkatan Udara memiliki peran penting dan strategis dalam menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, tata tertib, penegakkan hukum serta penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik Alutsista di lingkungan dan bagi kepentingan TNI Angkatan Udara. Eksistensi dari peran Puspom saat ini telah ditunjukan dengan baik yang ditandai dengan banyaknya keberhasilan dan prestasi yang diraih selama ini, sehingga mampu meng-hadirkan sosok Polisi Militer Angkatan Udara seperti sekarang ini.

Baca juga:  PIA AG CABANG 2/D.II LANUD IWJ BERIKAN CERAMAH ETIKA DAN KEPRIBADIAN

Indikator keberhasilan dan prestasi warga Polisi Militer Angkatan Udara dalam mengemban peran, fungsi dan tugas-tugasnya itu dapat dilihat langsung pada penampilan sosok prajurit Angkatan Udara pada umumnya, terutama dalam disiplin, ketaatan terhadap hukum dan tata tertib.

Sementara itu menyikapi berbagai pelanggaran yang masih dilakukan prajurit di lingkungan Angkatan Udara, Kata Kasau Polisi Militer sebagai penegak hukum, hendaknya tetap memelihara dan terus meningkatkan kegiatan operasinya dalam penertiban dan penegakan disiplin, hukum dan tata tertib baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan aparat terkait secara terencana, intensif dan berlanjut guna mengeliminir kuantitas dan kualitas pelanggaran yang dilakukan prajurit.

“Keberadaan prajurit Angkatan Udara, baik yang berada di pangkalan maupun di daerah penugasan tidak dapat lepas dari sorotan atau pengamatan masyarakat luas, terutama yang berkaitan langsung dengan penegakan hukum dan disiplin keprajuritan. Kita semua tentunya tidak menginginkan kalau Angkatan Udara dijadikan objek pemberitaan yang negatif, karena berkaitan dengan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum para prajurit dan PNS Angkatan Udara” lanjut Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  Peduli Korban Banjir, Lanud Wiriadinata Beri Bantuan

“ Oleh karena itu, saya tekankan kepada seluruh prajurit Polisi Militer Angkatan Udara untuk senantiasa mewaspadai kemungkinan berkembangnya orientasi pemikiran dan tindakan yang menghambat upaya penegakan disiplin, hukum dan tata tertib, seperti sikap permisif, kurang peduli dan serba instan yang pada akhirnya mengabaikan aturan yang berlaku, Polisi Militer Angkatan Udara dituntut untuk memiliki kepedulian yang tinggi untuk terus bergerak mencari terobosan secara kreatif dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya secara profesional dengan landasan semangat dan jiwa juang yang tinggi” Kata Kasau .

Lebih jauh Kasau meminta kepada seluruh warga Polisi Militer Angkatan Udara, agar terlebih dulu memberikan contoh keteladanan dalam memantapkan pelaksanaan penegakan disiplin, mentaati hukum dan tata tertib secara pribadi dan mampu diimplentasikan di lingkungan satuannya. Apabila hal itu mampu diwujudkan, maka sebagai Polisi Militer Angkatan Udara akan dengan mudah melaksanakan tugas dalam rangka menegakkan hukum dan disiplin para prajurit TNI Angkatan Udara.

Dalam menjalankan tugas-tugas tersebut, tuntutan kepada seluruh warga Polisi Militer Angkatan Udara hendaknya lebih proaktif dalam menekan berbagai pelanggaran di lingkungan Angkatan Udara dengan melakukan tindakan-tindakan preventif, edukatif dan keteladanan. Tuntutan itu sangat wajar karena sesuai dengan makna dari tema peringatan, yaitu “Dengan dilandasi semangat wira waskita, Pomau siap melaksanakan tugas penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib secara profesional guna terciptanya postur Prajurit TNI Angkatan Udara yang berdisiplin tinggi”.

Baca juga:  Pokja Penyusunan Bujuknis Pembinaan Profesi GCI di Pusdiklathanudnas Surabaya

Bertitik tolak dari tema tersebut kiranya dapat dijadikan suluh dan sumber inspirasi bagi setiap langkah dan tindakan setiap warga Polisi Militer dimanapun saudara berada dan bertugas dalam mengemban tugas yang dipercayakan. Besar harapan dalam penyelenggaraan fungsi Polisi Militer di lingkungan satuan-satuan Angkatan Udara hendaknya dapat lebih diintensifkan agar perkara pidana yang terjadi di lingkungan Angkatan Udara dapat segera dituntaskan. Dengan demikian, komitmen terhadap upaya penegakan disiplin, hukum dan tata tertib, dalam kehidupan prajurit dapat diwujudkan.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten Kes Joko Gunadi, perwira Upacara Lettu Pom Doni Faliandra dan pembaca Saptamarga Pratu Choirul Resi , upacara diikuti seluruh personel Lanud Suryadarma.

Seusai upacara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Suryadarma di dampingi Komandan Satpomau Lanud Suryadarma, Mayor Pom Nickolas Sinaga dan disaksikan Komandan Wingdik Tekkal serta tamu undangan lainnya. Potongan tumpeng diserahkan pada personel Satpomau Lanud Suryadarma termuda, Prada Thomas David Simanulang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel