TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara HUT ke-72 Polisi Militer Angkatan Udara di Medan

By 01 Nov 2018Berita, Koopsau 1
IMG_8215

TNI AU. Upacara dalam rangka memperingati HUT ke-72 Polisi Militer Angkatan Udara Tahun 2018, dikuti oleh seluruh personel TNI AU sewilayah kota Medan yang dilaksanakan di lapangan Apron Charlie Lanud Soewondo. Kamis (1/11).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. dalam amanat beliau yang dibacakan oleh Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey Selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa, Para pendahulu TNI Angkatan Udara sudah menyadari bahwa kehadiran tugas polisional di lingkungan organisasi TNI AU mutlak diperlukan. Tugas tersebut diselenggarakan untuk menjamin adanya keamanan, ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit terhadap ketentuan serta aturan hukum yang berlaku. Pemikiran strategis dari para pendahulu Angkatan Udara tersebut, hendaknya senantiasa dapat menjadi inspirasi dan dorongan semangat bagi prajurit POMAU saat ini dan masa yang akan datang.

Selanjutnya Kasau mengatakan bahwa, POMAU dalam usianya yang ke-72 hendaknya dapat memberikan makna dan nilai manfaat yang besar bagi organisasi TNI Angkatan Udara. Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ini dapat dimanfaatkan sebagai wahana instropeksi, sekaligus evaluasi terhadap hakekat keberadaan dan pengabdian Polisi Militer Angkatan Udara. Konsep pemikiran yang lebih mengedepankan tindakan preventif perlu terus dikembangkan dalam pelaksanaan tugas. Kepekaan, kecermatan dan kecerdasan dalam memahami berbagai perubahan situasi untuk menekan angka pelanggaran disiplin maupun dalam rangka penegakan hukum di lingkungan kehidupan prajurit TNI AU, merupakan parameter dalam keberhasilan tugas POMAU. Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan ke-72 HUT POMAU tahun ini yaitu “Dengan Dilandasi Jiwa dan Semangat Wira Waskita, POMAU Siap Melaksanakan Penegakan Hukum Yang Berkeadilan Secara Profesional Guna Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara”. Tema ini menunjukkan tekad dan menjadi sumber inspirasi bagi Prajurit POMAU sebagai aparat penegak hukum yang profesional, tanggap, terampil dan waspada serta senantiasa siap melaksanakan tugas, kata beliau.

Lebih lanjut Kasau juga memberikan penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas sebagai Prajurit Polisi Militer Angkatan Udara, Yaitu : Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka memantapkan kualitas moral dan kepribadian diri sebagai aparat penegak hukum. Kedua, Laksanakan tugas secara profesional, obyektif, cermat dan tepat sasaran dengan mengedepankan keadilan dan tidak semena-mena dalam bertindak. Ketiga, Tegakkan ketertiban dan kepastian hukum dengan senantiasa berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku baik di lingkungan TNI maupun lingkungan umum. Keempat, Tingkatkan sikap mental prajurit POMAU yang mampu beradaptasi serta berinovasi dalam menghadapi berbagai persoalan di bidang hukum yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelima, Jaga harkat dan martabat serta kehormatan POMAU dalam setiap pelaksanaan tugas.

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana namun hikmat ini turut dihadiri oleh para Asisten Kosekhanudnas III, POMAD, POMAL, Propam Polda Sumut, Ketua PIA AG cabang 15/D. I Lanud Soewondo Ny. Dirk Poltje Lengkey beserta para pengurus dan satu SST anggota Satkom binaan Wira Waskita.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara HUT ke-72 Polisi Militer Angkatan Udara di Medan