Berita

Upacara HUT Pomau Ke 70 di Lanud Sri Mulyono Herlambang

Dibaca: 13 Oleh 02 Nov 2016Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Kegiatan yang diselenggarakan ini, hendaknya tidak dilaksanakan sebagai acara rutinitas yang setiap tahun dilaksanakan, akan tetapi kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu momentum bagi Pomau, untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sekaligus penguat implementasi tugas-tugas Pomau di lapangan. Saya juga berharap, agar HUT Ke-70 POMAU ini menjadi salah satu sarana untuk melakukan evaluasi sekaligus mengkaji, sudah sejauh mana peran Pomau sebagai leading sector bidang penegakan hukum, disiplin dan tata tertib serta mampu memberikan kontribusi positif bagi pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Udara secara keseluruhan.

Hal ini tentunya seiring dan sejalan dengan visi yang dituangkan dalam tema HUTKe-70 POMAU, yaitu “Dengan dilandasi semangat Wira Waskita, Polisi Militer Angkatan Udara bertekad memantapkan jati diri prajurit yang bermoralitas integritas profesionalitas dan dalam rangka mendukung tugas TNI AU “. Tema tersebut kiranya tidak hanya sekedar pemanis dan penghias acara, tetapi menjadi sebuah tekad yang kuat dari seluruh insan Polisi Militer Angkatan Udara. Perlu untuk dicamkan bahwa, bidang tugas Polisi Militer saat ini dan ke depan, tentunya tidak semakin ringan, karena dinamika tantangan yang dihadapi akan semakin kompleks.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD BALIKPAPAN BUKA TMMD KE-90 TAHUN 2013 DI KOTA BALIKPAPAN

Hal ini tentunya memiliki korelasi dengan semakin meningkatnya pelibatan aspek hukum yang berkaitan erat dengan tugas-tugas TNI Angkatan Udara maupun meningkatnya kesadaran hukum / tuntutan keadilan bagi prajurit di lingkungan TNI Angkatan Udara. Oleh karena itu, selaku

penegak hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara, jajaran Pomau harus makin berkualitas dan percaya diri dengan tidak ada sikap keraguan sedikitpun dalam menjalankan tugasnya.

Sikap tersebut dapat terwujud, apabila jajaran Pomau mengerti, paham dan sadar akan tugas dan fungsinya sebagai aparat penegak hukum. Sehinggapertama kaii yang perlu dilakukan adalah, benahiterlebih dahulu ke dalam, baik dalam kapasitasnyasebagai individu maupun sebagai prajurit.Hal ini mengandung arti bahwa, satu sisimampu bertindak ke dalam institusi Pomau itu sendiribaik dalam pengamanan personel dan materiil, dandisisi lainnya mampu berkiprah keluar yaitupengamanan personei di lingkungan TNI AU secara menyeluruh, ,termasuk dapat mengayomi masyarakat diisamping itu personel yang tergabung dalam satuan Polisi Militer Angkatan Udara, agar senantiasa meningkatkan kualitas diri dengan selalu menambah wawasan, pengetahuan serta mengasah keterampilan dibidang penegakan hukum, ikuti terus perkembangan ilmu kepolisian militer dengan selalu melakukan koordinasi dan kerjasama secara ketat atau studi banding dengan sesama penegak hukum dilingkungan TNI, maupun dengan Kepolisian.

Baca juga:  Wapres Jusuf Kalla Kuker Ke PT DI

Apabila hal tersebut di atas dapat dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, dedikasi serta pengabdian yang tinggi, atas seijin Yang Maha Kuasa,maka saya yakin bahwa para prajurit Pomau akan mampu menunjukan kinerjanya secara profesional,solid sekaligus mampu bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Secara umum, penegakan hukum di Indonesiasaat ini sedang menjadi sorotan masyarakat luas,termasuk penegakan hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara. Oleh karena itu, para personel Pomau diharapkan dapat menjadi ujung tombak sekaligus dapat memberikan contoh tauladan, baik dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari masyarakat, terlebih lagi sebagai seorang prajurit. Dengan demikian maka TNI Angkatan Udara memerlukan penegak hukum yang mempunyai sifat kesatria, jujur, bermental baik, bijaksana, ulet, berjiwa besar.

Melalui sikap-sikap seperti itu, saya berharap jajaran Pomau dapat mendukung tugas-tugas TN IAngkatan Udara, khususnya yang terkait dengan proses membangun citra positif organisasi. Laksanakan dengan baik 8 fungsi kepolisian militer seperti yang tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/1/III/2004 tanggal 26 Maret 2004 tentang Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Kepolisian Militer di Lingkungan TNI tugas pokok dari Pomau/Pom TNI adalah Penyelidikan kriminal dan Pengamanan fisik, Penegakan Hukum, Penegakan disiplin dan tata tertib militer, Penyidikan, Pengurusan tahanan dan tuna tertib militer, pengurusan tahanan keadaan bahaya/operasi militer, tawanan perang dan interniran perang, pengawalan protokoler kenegaraan, pengendalian lalu lintas militer dan penyelenggaraan SIM TNI. Selaku pimpinan TNI Angkatan Udara, saya memberikan apresiasi terhadap kinerja Pomau yang selama ini telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “ungkap Kasau”

Baca juga:  MUSPUSDIRLA DAN BIAS KLATEN ADAKAN FAMILY DAY 2014

Itulah tadi sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Pada upacara HUT Polisi Militer Angkatan Udara yang ke-70 yang dibacakan oleh Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Ronald Siregar, S.T., M.M bertempat di lapangan apel mako Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang yang diikuti oleh prajurit Lanud Sri Mulyono serta pegawai negeri sipil.

Seusai acara pokok, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan anjang sana ke panti asuhan al-islam Palembang yang ikuti oleh seluruh anggota SATPOM Lanud Sri Mulyono Herlambang. (pen lanud smh)

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel