Berita

Upacara HUT TNI AU ke-69 di AAU

Dibaca: 10 Oleh 09 Apr 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Peringatan HUT TNI AU ke-69, seluruh personel TNI AU di wilayah Yogyakarta baik Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, anggota PIA AG serta Taruna AAU mengikuti Upacara Peringatan HUT TNI AU ke-69 yang berlangsung di Lapangan Dirgantara AAU dengan bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Wahyu A. Djaja, S.Sos, Kamis (9/4). 

Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wagub mengatakan bahwa Hari Angkatan Udara merupakan saat yang tepat untuk mengingat kembali semangat dan dedikasi para pejuang dan pendahulu Angkatan Udara dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, yang implementasinya sangat relevan untuk eksistensi TNI Angkatan Udara masa sekarang maupun di masa mendatang. 

“Kepada segenap personel TNI AU dimanapun bertugas agar selalu mewarisi nilai-nilai patriotisme yang telah ditunjukkan oleh para sesepuh, pelopor dan pendahulu TNI AU dalam setiap pelaksanaan tugas”, tambah Kasau. 

Berkaitan dengan perkembangan lingkungan strategis yang ada saat ini Kasau berpendapat bahwa secara nasional power politic tetap akan menjadi isu yang menonjol, dan perkembangan instrumen militer merupakan alat politik kekuatan bagi kepentingan diplomasi serta alat kepentingan strategis untuk mengangkat posisi tawar dalam penyelesaian masalah baik bilateral ataupun internasional. 

Baca juga:  Yonko 464 Paskhas Melaksanakan Simulasi Pertempuran Kota Di Malang Town Square

“Masalah terorisme dan perkembangan gerakan radikal ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) juga menjadi permasalahan yang mendapat perhatian serius dan harus kita sikapi dengan hati-hati agar dapat merumuskan pencegahannya”, terang Kasau. 

Pada bagian lain amanatnya Kasau menekankan bahwa revolusi mental dalam interoperabilitas pada tataran manajemen administrasi akan menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung program clean governance and good government yang telah dicanangkan pemerintah. 

“Dengan dicetuskannya program revolusi mental ini, TNI dan Polri telah bertekad untuk menjadi penggerak revolusi mental yang merupakan visi presiden Joko Widodo dengan melakukan sinergi yang bertujuan agar kita kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan semakin dicintai rakyat dan menjadi institusi terbaik di indonesia sehingga mau tidak mau langkah revolusi harus benar-benar menyentuh pada revolusi karakter, pola kerja, dan mindset setiap prajurit TNI AU”, jelas Kasau. 

Melalui revolusi mental ini juga TNI AU akan mampu melahirkan konsep Aerostrategy Indonesia, yang mampu menopang Grand Strategy Indonesia sebagai poros maritim dunia, dengan membangun interoperabilitas seluruh unsur pertahanan udara TNI dan mengakomodir seluruh potensi udara nasional pada tataran operasional sebagai Air Power Indonesia. 

Baca juga:  Menuju Sekolah Unggulan, Ruang kelas dan Musholla SMP Angkasa Diresmikan

“Karena disadari untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dibutuhkan juga kekuatan Angkatan Udara yang lebih kapabel, yang mampu menghadirkan superioritas udara ke tengah samudra untuk security coverage bagi naval forces”, tutur Kasau. 

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta rasa bangga disertai ucapan terima kasih kepada segenap prajurit dan PNS TNI AU atas pengabdian yang telah diberikan kepada bangsa dan negara. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kasau kepada sesepuh dan purnawirawan serta keluarga besar Angkatan Udara atas dukungannya terhadap TNI AU selama ini. 

Selain Upacara, beberapa kegiatan pun dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT TNI AU ke-69 diantaranya donor darah, karya bakti, pertandingan olahraga serta Ziarah.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel