Berita

Upacara Memperingati Hut Ke-71 POM AU

Dibaca: 17 Oleh 02 Nov 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Upacara dalam rangka memperingati HUT ke-71 Polisi Militer Angkatan Udara Tahun 2017, dikuti oleh seluruh personel TNI AU sewilayah kota Medan yang dilaksanakan di lapangan Apron Charlie Lanud Soewondo. Rabu (1/11).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto dalam amanat beliau yang dibacakan oleh Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Kolonel Pnb Daan Sulfi,.Sos., M.Si Selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa, diusia yang ke-71 tahun ini, Polisi Militer Angkatan Udara telah menunjukkan eksistensi dan prestasi yang cukup membanggakan dalam berbagai pelaksanaan tugas penegakan hukum di lingkungan Angkatan Udara. Prestasi dan semangat ini tentunya diwarisi dari para perintis yang dengan segala keterbatasan sarana dan peralatan yang ada, telah mampu menyelesaikan berbagai tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan. Oleh karena itu, pada kesempatan seperti ini, merupakan saat yang tepat untuk mengenang jasa dan pengorbanan para perintis dan pendahulu kita, disertai tekad untuk senantiasa melanjutkan cita-cita, perjuangan dan pengabdian dalam mengembangkan Polisi Militer Angkatan Udara sesuai dengan tantangan tugas yang dihadapi.

Selanjutnya Kasau mengatakan, Pada Peringatan hari jadi kali ini Polisi Militer Angkatan Udara mengangkat tema “Dengan Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, Polisi Militer Angkatan Udara Siap Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI Angkatan Udara”.

Baca juga:  DANKORPASKHAS KUKER KE BATALYON 463 PASKHAS

Tema yang dipilih sejalan dengan langkah, semangat pengabdian, motivasi tugas, serta tantangan yang dihadapi oleh anggota Polisi Militer Angkatan Udara, dalam membina kemampuan dan penyelenggaraan fungsi pengamanan Alutsista, penegakan tata tertib, disiplin dan hukum, maupun peraturan yang berlaku terhadap anggota serta untuk kepentingan TNI Angkatan Udara dan membantu penyelenggaraan operasi kepolisian militer TNI. Tuntutan tugas yang dibebankan kepada Polisi Militer Angkatan Udara tidaklah ringan. Selain melaksanakan tugas-tugas yang sudah ditentukan oleh TNI, juga melaksanakan amanat Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia, Penegakan hukum disiplin dan tata tertib yang diselenggarakan secara independen, hal ini untuk menjamin adanya ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit TNI Angkatan Udara terhadap ketentuan serta aturan hukum yang berlaku, dengan mengedepankan azas praduga tak bersalah.

Lebih lanjut Kasau juga mengatakan bahwa, mencermati pandangan masyarakat terhadap citra TNI Angkatan Udara, sampai dengan saat ini secara umum masih positif. Namun demikian masih terdapat beberapa oknum TNI Angkatan Udara yang berbuat tidak sesuai dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI sehingga merusak citra institusi di mata masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Polisi Militer Angkatan Udara sebagai Penegak hukum disiplin dan tata tertib harus pro aktif dalam melaksanakan tugas untuk mendeteksi, mencegah, dan menangani setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit TNI Angkatan udara, untuk itu para personel Polisi Militer Angkatan Udara harus mampu berinovasi serta beradaptasi dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan pesat. Hal demikian hanya dapat ilaksanakan apabila sosok Prajurit Polisi Militer Angkatan Udara memiliki etos kerja: “mampu bekerja melebihi panggilan tugasnya”. Di samping itu, prajurit Polisi Militer Angkatan Udara diharapkan secara terus menerus meningkatkan jiwa korsa, kerja sama, dan koordinasi dengan komunitas kepolisian militer TNI dan penegak hukum lainnya.

Baca juga:  Danlanud Abd Saleh Tutup Kursus Lambangja

Upacara yang berlangsung dengan lancar dan hikmad ini diikuti oleh Danwing III Paskhas, para asisten Kosekhanudnas III, Danyonyo 469 Paskhas, para pejabat dan perwira, personel Bintara, Tamtama dan ASN Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III, Yonko 469 Paskhas, perwakilan dari POMAD dan POMAL, dan anggota Satkom Wira Waskita.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran yang dilaksanakan di aula Silindung. Pada acara tersebut Danlanud Soewondo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peringatan HUT ke-71 Polisi Militer Angkatan Udara tahun ini, sangat tepat untuk dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan semangat pengabdian dan etos kerja, semoga Pomau kedepan semakin profesional dan terus maju dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Perjalanan waktu selama tujuh puluh satu tahun, bukanlah perjalanan waktu yang singkat, dan selama itu pula Pomau dibawah panji TNI Angkatan Udara selalu menunjukkan komitmen, perjuangan, dan pengabdiannya yang tidak kenal lelah guna mewujudkan cita-cita perjuangan TNI AU, TNI, Bangsa dan Negara, kata Danlanud.

Baca juga:  WASRIK TIM BPK DI LANUD PEKANBARU

Pada acara syukuran, Danlanud didampingi ketua PIA AG cab. 15 D/I Lanud Soewondo Ny. Siska Daan Sulfi melaksanakan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada anggota Satpom yang tertua Pelda Agus Sutarja, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Dansatpom Lanud Soewondo Mayor Pom I Gede Eka Santika yang diserahkan kepada anggota Satpom termuda Prd Sapta.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel