Berita

UPACARA MEMPERINGATI HUT WARA KE-46 LANUD SJAMSUDIN NOOR

Dibaca: 16 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Perjalanan Wara (Wanita TNI Angkatan Udara) memasuki usia ke 46, Upacara memperingati HUT Wara yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2009 juga dilaksanakan di Lapangan Apel Lanud Sjamsudin Noor. Dalam sejarah perjalannya Wara terus berkembang mengikuti arus perkembangan TNI Angkatan Udara. Pelaksanaan tugas yang memerlukan keahlian khusus tidak lagi merupakan monopoli kaum pria, seperti penerbang, teknisi, foto udara maupun Polisi Militer (POM).

 

Kiprah Wara sebagai bagian dari TNI AU tidak lepas dari peran serta Angkatan Udara dalam berbagai operasi yang diselenggarakan TNI. Beberapa operasi militer maupun operasi militer selain perang baik didalam maupun diluar negeri telah dijalani meskipun dalam penugasan yang terbatas. Operasi Trikora, operasi dalam rangka memberikan bantuan untuk menanggulangi bencana dan operasi misi perdamaian PBB di Kongo dan Libanon pada tahun 2008 merupakan sebagian operasi militer dan non militer yang ikut dilaksanakan anggota Wara.

 

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara yang dibacakan oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Bayu G.H Kusuma selaku inspektur upacara juga menjelaskan bahwa TNI Angkatan Udara merekrut prajurit wanita sejak tahun 1963 dan sejak saat itu pula prajurit Wara berupaya tumbuh berkembang dengan mengedepankan jati dirinya sebagai Srikandi-srikandi TNI Angkatan Udara yang senantiasa dijiwai oleh nilai-nilai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Keputusan untuk memposisikan Wara bukan sebagai Korps tersendiri telah memberikan ruang dan kesempatan prajurit Wara untuk lebih “luwes” mengembangkan dirinya dalam ikut ambil bagian diseluruh lini penugasan.

Baca juga:  Doa Bersama Dan Penggalangan Dana Korba Bencana Alam

 

Oleh karena itu sejumlah anggota Wara telah dipercaya menduduki jabatan-jabatan setrategis seperti Kepala Dinas, Komandan Skadron Pendidikan. Pada jabatan lain Wara juga telah banyak mengisinya, seperti jabatan Sesla, Paban, Kasubdis, Kaku, Kadilmil dan lainnya. Saat ini Wara memiliki 1 orang berpangkat Marsekal Pertama setelah 2 orang Wara mencapai pangkat yang sebelumnya

 

Pada tema HUT Wara kali, yaitu; “Dilandasi Jati Diri TNI,Wara Siap Melaksanakan Tugas TNI Angkatan Udara dan Mendukung Pemberdayaan Perempuan” tema ini sungguh menggambarkan sebuah cita-cita luhur dan semangat pangabdian yang tulus dari prajurit Wara terhadap kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

Diakhir sambutannya yang dibacakan Danlanud Sam Kasau juga berharap kepada segenap prajurit Wara dimanapun bertugas untuk tetap menjadi Srikandi kebanggaan TNI Angkatan Udara pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya. “Dirgahayu Wanita TNI Angkatan Udara”.

Bertidak selaku komandan upacara adalah Kapten Kes dr. Ika Nindyawiyati dan upacara juga diikuti oleh seluruh anggota Lanud Sam baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Baca juga:  NATAL GABUNGAN DI LANUD ABD SALEH

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel