Berita

Upacara Militer HUT Ke-65 TNI AU di Lanud Atang Sendjaja

Dibaca: 8 Oleh 11 Apr 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Upacara militer (Upmil) menyambut HUT ke-65 TNI Angkatan Udara telah dilaksanakan di Lanud Atang Sendjaja (Ats), Bogor, Sabtu (9/4), yang di pimpin Danwingdikum Kolonel Nav Totok Boediarjo mewakili Komandan Lanud Ats Marsma TNI Tabri Santoso, S.IP.   Upmil diikuti antara lain seluruh personel Lanud Ats, jajaran Wingdikum, Kompi Senapan I Batalyon 467 Paskhas, Kompi Batalyon 315 Garuda, Kompi Group 23 Batalyon II Kopassus, Kompi Satuan Pelopor II Brimob Kedung Halang Bogor,  serta Kompi siswa SMK Penerbangan “Angkasa”.   Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Lek Supriyadi dari Wing 4 Lanud Ats.

Dalam sambutan yang dibacakan inspektur upacara, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP mengatakan bahwa  Hari Angkatan Udara tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk menggali kembali semangat dan dedikasi para pejuang dan pendahulu Angkatan Udara dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, yang implementasinya sangat relevan untuk eksistensi TNI Angkatan Udara masa sekarang maupun di masa mendatang.

Menurutnya tanggal 9 April pada hakikatnya merupakan momen historis bagi TNI Angkatan Udara, karena pada tanggal tersebut 65 tahun lalu, telah dilaksanakan peningkatan TKR Jawatan Penerbangan menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara melalui penetapan Pemerintah Nomor: 6/SD tahun 1946 tertanggal 9 April 1946.

Baca juga:  PS Kodiklatau Kalahkan PS Mabesau 2-1

“Angkatan Udara lahir ditengah-tengah kancah perjuangan dan bersama dengan komponen bangsa lainnya berjuang bahu membahu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Modal awal yang melahirkan Angkatan Udara saat itu adalah semangat juang dan kerelaan berkorban tanpa pamrih, meskipun peralatan yang digunakan masih sangat sederhana namun Angkatan Udara tetap mampu berkiprah sebagai salah satu kekuatan perjuangan bangsa,” jelasnya.

Sebagai Insan Dirgantara yang mengawaki organisasi TNI Angkatan Udara saat ini, tuturnya, tentunya wajib bersyukur dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para  Pelopor, Pendahulu dan Sesepuh TNI Angkatan Udara yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi pertahanan negara di udara, sejak era perjuangan phisik melawan penjajah hingga sekarang ini.

Dalam sambutannya Kasau juga memberikan perintah untuk dilaksanakan seluruh personel TNI AU dimanapun bertugas yakni; Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai dasar insan Swa Bhuwana Paksa dalam mengabdi kepada bangsa dan negara. Kedua, Tingkatkan soliditas sesama anggota Angkatan Udara, TNI, Polri dan masyarakat. Ketiga, Tingkatkan kepekaan terhadap perkembangan situasi dan kondisi lingkungan di sekitar satuan jajaran agar dampak negatif yang ditimbulkan oleh lingkungan dapat dicegah secara dini. Keempat, Tingkatkan penguasaan terhadap teknologi, taatilah aturan hukum dan Hak Azasi Manusia dalam setiap pelaksanaan tugas serta perhatikan faktor keselamatan terbang dan kerja. Kelima, Laksanakan setiap tugas secara profesional dengan penuh disiplin, tanggungjawab dan senantiasa tetap berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Baca juga:  Budaya Lingkungan Bersih dan Sehat di Lanud Supadio

Panitia peringatan di Lanud Ats dalam rangka menyambut HUT ke-65 TNI AU yang bertema, Dengan Profesionalisme dan Motivasi yang Tinggi serta Dedikasi Satuan, Kita Wujudkan Angkatan Udara yang Lebih Baik Guna Menjaga Kedaulatan Negara di Udara dan Keutuhan NKRI,” telah melaksanakan serangkaian kegiatan antara lain ; pertandingan bola voly, pertandingan catur, pertandingan bulutangkis, lomba kebersihan, donor darah, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor, serta Upacara Peringatan di apron Lanud Ats.

Berhasil keluar sebagi juara untuk pertandingan bola voly putri juara I Wingdikum, juara II Dislog Lanud Ats, juara III Skatek 024.  Juara I voly putra Wingdikum, juara II Kipan I Yon 467 Paskhas, juara III Skatek 024.  Juara I Bulutangkis pasangan Mayor Pnb Hilman dengan Mayor Tek Dedi Cahyadi, juara II pasangan Letkol Pnb Djhon Amarul dengan Letkol Pnb Bambang Juniar, juara III pasangan Kolonel Pnb Eding Sungkana dengan Letkol Pnb Iwan Tahandi.

Juara I bulutangkis prestasi tim Dinas Logistik Lanud Ats, juara II Skadron Udara 8, dan juara III Skadron Udara 6, sedangkan untuk juara I Catur tim Rumkit Lanud Ats, juara II Skadron Udara 6 dan juara III Satpom Lanud Ats.  Sedangkan untuk juara I lomba kebersihan tingkat perkantoran Skadron Udara 8, juara II Wing 4 dan juara III Mako Wingdikum   Tingkat mess juara I mess Kanya Sena II (Bintara Wara), juara II Mess Jatayu (Tamtama/Bintara pria), juara III mess Rajawali II (Perwira).  Juara I tingkat pemukiman blok E, juara II blok CD dan juara III blok CC.

Baca juga:  Uji Terima Payung Udara Orang Free Fall di Lanud Suryadarma

Hadir dalam upmil tersebut antara lain; para Purnawirawan TNI AU yang berdomisili di Bogor, Legiun Veteran, Warakawuri, Pengurus PIA AG Cabang 3/ D I Lanud Ats, dan PIA AG Wingdikum.  Selesai upacara juga di gelar organ tunggal yang menampilkan artis dari “Bumi Pakuan”.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel