Berita

Upacara Operasi Gaktib TA. 2012 di Lanud Surabaya

Dibaca: 4 Oleh 07 Feb 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Satpomau Lanud Surabaya menggelar upacara operasi Gaktib TA. 2012, Selasa (7/2). dilapangan upacara Lanud Surabaya dengan Komandan upacara Kasi Idik Satpomau Kapten Pom Andhik Hendry.S,SH. Sedangkan Inspektur upacara dijabat oleh Kadisops Lanud Surabaya Letkol Pnb Andri Gandhy. Selain itu, hadir pula sejumlah Komandan Satuan dari Pusdiklathanudnas, Satrad 222 Ploso Jombang dan Kagusang 2 Surabaya, serta pasukan upacara dari Satpomau Lanud Surabaya, unsur provost dari Pusdiklathanudnas dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negri Sipil Lanud Surabaya.

Dalam sambutan tertulis Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Asep Dian Hermawan yang dibacakan oleh Kadisops selaku Irup menyampaikan bahwa Anggota Pomau harus memiliki moralitas yang tinggi, dalam arti mampu menjadi contoh dalam kesadaran, kepatuhan untuk mentaati hukum, didasarkan pada konsistensi dan komitmen untuk menjadikan TNI AU sebagai institusi yang diawaki oleh personel-personel yang sadar dan taat hukum, serta prajurit-prajurit yang sadar akan aturan dan memiliki disiplin tinggi. hal ini selaras dengan tema Ops Gaktib TA. 2012 yaitu “ Dengan operasi gaktib citra jaya camar TA. 2012 kita tingkatkan kepribadian prajurit TNI yang berdisiplin ” dan juga tema dari Ops Yustisi TA. 2012 yaitu “dengan operasi yustisi waspada dharma camar TA. 2012 kita tingkatkan soliditas dan kepatuhan hukum prajurit TNI”.

Baca juga:  Wing Penerbang Kehormatan

Sasaran operasi gaktib Polisi Militer yang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 1 januari s/d 31 desember 2012 ini diantaranya adalah untuk mencegah/mengurangi terjadinya kasus penganiayaan dan desersi, mencegah terjadinya penyalahgunaan senpi dan handak, penjualan narkotika dan psikotropika, juga untuk memperkecil jumlah laka-lalin, mencegah keterlibatan prajurit dalam modus pelanggaran dan tindak pidana, koneksitas dan korupsi serta perampasan tanah milik TNI – Negara, meningkatkan pengawasan/ pengamanan terhadap tahanan militer, mencegah terjadinya pelanggaran HAM, perjudian dan curanmor, operasi juga ditujukan pada anggota yang terlibat aliran sesat dalam agama, kepercayaan dan keyakinan apapun yang terlarang, serta diharapkan dapat meningkatkan operasional jaring komunikasi Polisi Militer.

Diakhir sambutannya Komandan Lanud Surabaya mengharapkan dengan dilaksanakannya upacara gelar operasi oleh Kepolisian Militer kali ini dapat memperkecil atau bahkan meniadakan pelanggaran sekecil apapun oleh seluruh anggota, dan diharapkannya juga kepada seluruh anggota Satuan Polisi Militer yang akan melaksanakan gelar Operasi Kepolisian Militer dalam pelaksanaan tugas nantinya harus dapat memberikan pemahaman tentang penegakan hukum di lingkungan TNI AU dengan baik dan benar, “ Bertindaklah secara proporsional, profesional dan simpatik kepada semua anggota serta hindari kesan angker dan arogan yang dapat menimbulkan kesan bila berurusan dengan Kepolisian Militer dapat menghapuskan segala harapan yang ada, serta laksanakan evaluasi setiap pelaksanaan tugas Ops Gaktib guna mendapatkan format Ops Gaktib yang efektif dalam pembudayaan hukum dan tata tertib“.

Baca juga:  Peresmian Mess Perwira, Bintara dan Tamtama

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel