Berita

Upacara Pembukaan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikudaraan Militer Tingkat 1 Kemhan TA. 2020

Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU. Bertempat di Gumilang Regency Hotel, telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikudaraan Militer Tingkat 1 Kemhan TA.2020, yang diselenggarakan oleh Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia di ikuti oleh 44 siswa, bertindak selaku Inspektur Upacara Kapuslaik Kemhan Laksamana Pertama TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M. Bandung (9/3/2020).

Upacara pembukaan tersebut dihadiri oleh pejabat Kemhan RI, pejabat TNI di Wilayah Bandung diantaranya Dankorpaskhas (diwakili Kalamja Korpaskhas), Dankoharmatau (diwakili oleh Dandepohar 10), Kasgartap II Bandung dan pejabat dari PT. Dirgantara Indonesia serta perwakilan dari GMF (Garuda Maintenance Facilities).

Upacara Pembukaan Peningkatan Keahlian Inspektur Kelaikudaraan Militer Tingkat 1 Kemhan TA. 2020Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat 2 perwira paskhas TNI AU yaitu Letkol Pas Fajar Ardi Kriswanto (Pabandya Litbang Sren Korpaskhas ) dan Lettu Pas Nur Syahbani Rusdiantoro (Dankorsis Satdiksus Pusdiklat Paskhas) yang merupakan pertama kali dari Personel Korpaskhas mengikuti Kegiatan Peningkatan keahlian untuk mendapatkan sertifikasi Inspector Kelaikan udara (IMAA) khususnya keahlian Inspektur kelaikan Senjata Hanud dan PUO (Payung Udara Orang). Direncanakan kegiatan ini akan berlangsung selama 12 hari terhitung mulai tanggal 9 Maret s.d. 20 Maret 2020.

Kapuslaik Kemhan Laksamana pertama TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa kelaikan langsung maupun tidak langsung, disadarai atau tidak, berpengaruh penting sebagai pelindung semuastake holder, terkait dengan proses suatu komoditi militer, mulai dari pembuatan atau manufacture serta penggunaan termasuk otoritas kelaikan.

 

Dua Perwira Paskhas Ikuti IMAA ( Indonesian Military Airworthiness Authority )

Dua Perwira Paskhas Ikuti IMAA ( Indonesian Military Airworthiness Authority )

“Dengan dibukannya Program Peningkatan Keahlihan Inspektur Kelaikudaraan Militer Tingkat I Kemhan diharapkan terdapat persamaan persepsi tentang bagaimana proses sertifikasi kelaikan yang benar yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur peraturan dan standar kelaikan yang dilakukan oleh personel inspektur kelaikudaraan militer yang handal dan profesional”, tambahnya.

Kapuslaik Kemhan juga berpesan kepada para Instruktur dan pakar praktisi yang sebagian besar dari PT. Dirgantara Indonesia diharapkan dapat menularkan pengalaman dan pengetahuan melalui metode sharing dan diskusi serta lebih banyak memperdalam pembahasan mengenai regulasi kelaikudaraan yang digunakan oleh militer Negara lain khususnya tentang Airworthiness Certification Creteria.

Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi Badan Sarana Pertahanan Kemhan yang mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan serta mengevaluasi kebijakan teknis di bidang sertifikasi kelaikan sarana pertahanan matra darat, matra laut dan matra udara serta sertifikasi kualifikasi personel untuk menyelenggarakan kelaikan militer. Sertifikasi Kelaikan dilaksanakan oleh para pelaksana yang telah dibekali sehingga tugas dan tanggung jawab yang di emban dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

Baca juga:  Upacara Bendera 17-an di Lanud Surabaya

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel