TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara Penutupan Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Lanud Dhomber

By 12 Feb 2019 February 14th, 2019 Berita
IMG-20190213-WA0006

TNI AU. Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb Irwan Pramuda S.E., M.M. di wakili Kepala Dinas Oprasi Lanud Dhomber Letkol Lek Achmad Rifai menutup Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 di Lapangan Apel Mako Lanud Dhomber, Selasa (12/2).

Kegiatan latihan dimulai pada tanggal 28 Januari 2019 lalu dengan beberapa materi latihan diantaranya Bina kelas terdiri dari materi tentang HAM, Aksi Manusia, Perbantuan TNI kepada Polri, dan Rule of Engagement (RoE) yaitu tentang bagaimana TNI memberikan bantuan kepada Polri, hingga simulasi drill taktis penanggulangan dan aplikasi pengamanan Pemilu.

Dalam amanat Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi, yang dibacakan Kepala Dinas Oprasi Lanud Dhomber Letkol Lek Achmad Rifai dikatakan bahwa latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden jajaran Koopsau II yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 Januari sampai dengan 12 Februari 2019, yang melibatkan 3750 orang personel Koopsau II, di nilai telah berlangsung dengan lancar dan aman, serta dapat memenuhi sasaran latihan. Diharapkan kepada para peserta latihan jangan cepat puas dengan hasil yang telah dicapai, pelihara dan kembangkan terus pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh, sehingga apabila tiba saatnya pelaksanaan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden tahun 2019 mendatang para personel sekalian telah siap, baik secara teori, prosedur dan mekanisme, serta yang tidak kalah penting adalah kesiapan fisik dan mental.

Mengakhiri amanatnya, Pangkoopsau II memberikan penekanan kepada para peserta latihan untuk dipedomani dalam pelaksanaan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019, sebagai berikut :

Pertama, laksanakan pengamanan pemilu legislatif dan presiden sesuai dengan tugas dan fungsi perbantuan TNI kepada Polri

Kedua, junjung tinggi Netralitas dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan pemilu baik kepada calon legislatif maupun presiden termasuk kepada salah satu partai peserta pemilu.

Ketiga, tidak melibatkan satuan dan fasilitas TNI dalam rangkaian kegiatan pemilu legislatif dan presiden.

Keempat, tidak memberikan arahan kepada istri atau suami, dan anak dalam menentukan pilihan.

Upacara Penutupan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 di Lanud Dhomber berlangsung dengan suasana tertib, aman dan lancar serta di hadiri oleh para kepla Dinas acara penutupan di akhiri dengan doa.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Penutupan Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Lanud Dhomber