Berita

Upacara Peringatan Hari Bakti Ke-68 TNI AU Di AAU

Dibaca: 6 Oleh 30 Jul 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Dilatarbelakangi oleh peristiwa gugurnya tiga putra terbaik bangsa yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adi Soemarmo Wirjokusumo bersamaan dengan ditembak jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Ngoto yang sedang melaksanakan misi kemanusiaan, akibat dari berhasilnya serangan udara yang dilakukan oleh Kadet Penerbang Muljono, Suharnoko Harbani dan Sutardjo Sigit ke tangsi-tangsi pertahanan Belanda, maka setiap tanggal 29 Juli keluarga besar TNI AU memperingati hal tersebut sebagai Hari Berkabung AURI yang kemudian diubah menjadi Hari Bakti TNI AU.

Upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-68 yang dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) menjadi acara puncak peringatan Hari Bakti TNI AU tahun 2015 dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna yang dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU), Rabu (29/7).

Dalam sambutannya Kasau menyampaikan bahwa, semangat perjuangan yang diwariskan para pendahulu senantiasa menjadi inspirasi bagi setiap prajurit TNI AU dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Baca juga:  Wingdikum Gowes Bersama Wadan Kodiklatau

“Semangat perjuangan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang diwariskan para pendahulu senantiasa menjadi inspirasi dan tetap terpelihara sekaligus dijadikan sebagai nilai moral dan profesionalisme setiap insan prajurit TNI AU dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara,” ujar Kasau.

Meskipun perjuangan dan pengabdian saat ini telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, sehingga tugas dan tantangan ke depan akan semakin berat dan komplek dan juga dihadapkan dengan keterbatasan dalam berbagai hal, Kasau yakin dan percaya seluruh prajurit dan PNS TNI AU tidak akan pernah ragu mengerahkan segala kemampuannya untuk berbuat yang terbaik demi bangsa dan negara. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan meneladani semangat pantang menyerah dari para pahlawan yang telah gugur termasuk dari para senior dan sesepuh Angkatan Udara.

Adapun tema peringatan yang diusung pada tahun ini adalah “Dilandasi Semangat Kepahlawanan dan Pengorbanan 29 Juli 1947, Prajurit TNI Angkatan Udara bertekat meningkatkan Darma Baktinya dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Asintel dan Kakum Kohanudnas

Kasau berharap tema tersebut dapat diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sebagai prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara.

Peringatan puncak Hari Bakti ke-68 TNI AU ini turut ditampilkan Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara dan penampilan defile yang diterima langsung oleh Kasau dan mantan kasau di mimbar kehormatan.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Wisuda Purnawira bagi 28 Perwira Tinggi (Pati) TNI AU yang digelar di Gedung Sabang Merauke dan gedung Handrawina AAU. Upacara ini sendiri merupakan tradisi melepas sejumlah Perwira Tinggi TNI AU yang telah memasuki masa pensiun.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel