Berita

Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-72 Tahun 2019 di Lanud Sjamsudin Noor

Upacara Peringatan Hari Bhakti Tni Au Ke-72 Tahun 2019 Di Lanud Sjamsudin Noor
#TNIAU 

TNI AU. Bertempat di Lapangan Angkasa Lanud Sjamsudin Noor telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke-72 Tahun 2019. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko, diikuti oleh gabungan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Sam, Senin (29/7).

Pada kesempatan upacara tersebut, Komandan Lanud Sam membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara. Dalam sambutannya Kepala Staf kembali mengingatkan kita semua terhadap peristiwa penting yang mewarnai awal sejarah perjalanan TNI Angkatan Udara di kancah perjuangan fisik bangsa Indonesia, yaitu serangan udara yang dilakukan terhadap kedudukan Belanda di Palagan kota Salatiga, Semarang dan Ambarawa. Peristiwa heroik yang diukir para pendahulu kita para pejuang serta pahlawan bangsa dalam bentuk perlawanan yang tidak mengenal menyerah dan rela berkorban, dalam pertempuran mengusir musuh yang ingin menjajah persada ibu pertiwi.

Lebih lanjut Kasau juga menambahkan bahwa momen gugurnya ketiga pahlawan udara tersebut mengingatkan kita, bahwa selalu ada risiko dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit udara, tidak boleh sekalipun, sedetik pun, ada rasa ragu, gentar, apalagi takut. Kita, prajurit udara, adalah prajurit yang lahir dan tumbuh besar bersama Negara.  Kita adalah prajurit setia yang ikhlas membaktikan jiwa dan raga bagi keluhuran Bangsa dan Negara. Kita tidak boleh lengah dan abai, karena  tugas TNI AU tidak semakin ringan. Kita harus berhadapan dengan kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 yang dipenuhi sistem siber-fisik dan ancaman hibrida yang siap menghancurkan bangsa Indonesia dengan berbagai cara. Dalam rangka menghadapi situasi ini, maka pembangunan kualitas SDM harus menjadi prioritas utama. Momen Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2019 adalah saat tepat untuk membangun komitmen, bahwa TNI AU mampu mencetak kader-kader prajurit yang berkarakter sama hebatnya dengan para aktor sejarah Hari Bakti TNI AU. Sesuai dengan tema peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-72 kali ini yaitu ”Bakti Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara”.

Diakhir sambutannya, kasau memberikan motivasi kepada  seluruh prajurit TNI AU agar “ingat dan resapi roh pengabdian para prajurit udara yang berjuang dan gugur di hari yang suci ini.  Bangun prestasi dan karakter kejuangan kalian sejak dini. Banggalah karena berprestasi dan bukan karena hal-hal lainnya. Kalian hebat bukan karena pangkat atau harta, tapi karena apa yang ada dalam isi kepala dan hati kalian.  Bangunlah mimpi dan visi tentang Angkatan Udara kita tercinta ini, dengan sehebat-hebatnya, dari kecerdasan isi kepala dan kesucian hati kalian. Hari suci ini adalah cetak biru moralitas kepemimpinan ideal Angkatan Udara, yang  telah mengalir dari tetes darah para pahlawan. Jika kalian mau berusaha, nama kalian bisa seharum nama para pejuang dan para pahlawan.  Apakah perjalanan sejarah kalian nantinya akan terukir dengan tinta emas, biru atau merah. Itu juga terserah apa pilihan kalian. Namun ingatlah, prajurit biasa akan bekerja biasa. Prajurit baik akan bekerja baik. Prajurit hebat tidak hanya bekerja hebat, namun mampu menginspirasi prajurit lain untuk menjadi yang terhebat dari siapa pun”.

Turut hadir pada acara peringatan Hari Bhakti ke-72 di Lanud Sam yaitu Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sam, Ny. Yeni Triana Widyoko beserta para pengurus dan para sesepuh Purnawirawan TNI AU (PPAU Cab. 41 Banjarmasin). Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan acara tambahan pemberian tali asih dari Komandan Lanud Sam kepada PPAU Cab. 41 Banjarmasin. Dalam acara tambahan juga dilaksanakan bincang-bincang antara Komandan Lanud Sam dengan PPAU mengenai pengalaman dan sejarah perjalanan Lanud Sam serta menampung aspirasi dan permasalahan yang dihadapi oleh PPAU.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel